Ini Jawaban Kemenhub Soal Tarif Baru Transportasi Online

Ini Jawaban Kemenhub Soal Tarif Baru Transportasi Online

322
0
BERBAGI
Apakah tarif transportasi online yang akan naik tersebut bakal berimbas pada penurunan jumlah konsumen? (Foto: netz)

Belakangan ini, wacana pemerintah mengenai tarif baru transportasi online terus menjadi perbincangan hangat. Menurut rencana, kebijakan tarif atas dan tarif bawah bagi transportasi online akan mulai diberlakukan pada tanggal 1 April 2017 bersama dengan sejumlah ketetapan hasil revisi Peraturan Menteri (PM) Nomor 32 Tahun 2016.

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Pudji Hartanto, Kemenhub memastikan peraturan tersebut akan segera dilaksanakan karena sudah melewati masa sosialisasi, revisi dan uji publik. Dirinya menambahkan, PM ini bukan untuk kepentingan orang per orang atau kelompok, tapi merupakan kepentingan bersama. Sehingga para perusahaan penyedia jasa taksi online harus mematuhi regulasi tersebut.

Keberatan dari Pihak Penyedia Transportasi Online

Beberapa waktu lalu, perwakilan dari Uber, Grab, dan Go-Jek menyatakan keberatannya akan penerapan peraturan itu. Namun Pudji menjelaskan bahwa dasar dari kebijakan tersebut diusulkan berdasarkan pertimbangan terhadap perlindungan konsumen dan menjaga kesetaraan berusaha. “Konsumen harus dilindungi saat jam sibuk, jangan sampai saat permintaan tinggi kemudian perusahaan menaikkan harga sesukanya. Begitupun saat jam sepi, pemerintah harus hadir melindungi pengemudi. Jangan sampai banting harga yang pada akhirnya korbannya adalah pengemudi,” ujar Pudji.

Tarif taksi online akan naik (Foto: baliberkarya)

Munculnya penolakan penetapan tarif atas dan bawah, disebut Pudji merupakan hak masyarakat. Namun dirinya menghimbau masyarakat untuk memahami dasar penerapannya, yakni perlindungan konsumen dan kesetaraan berusaha. Selain itu, Pudji juga mengatakan bahwa ketiga perusahaan penyedia transportasi online tadi hadir saat Kemenhub menyampaikan 11 poin materi revisi PM No.32, namun ketiganya tidak memberikan respon maupun masukan apapun.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY