Daihatsu Tengah Kembangkan Sirion Baru

Daihatsu Tengah Kembangkan Sirion Baru

742
0
BERBAGI
Daihatsu Sirion terakhir mendapatkan facelift pada tahun 2015 (Foto: Ototaiment)

Rasanya sudah banyak orang yang mengetahui bahwa Daihatsu Sirion yang beredar di Indonesia saat ini merupakan rebadge dari Perodua Myvi yang dijual di Malaysia. Di negara Jiran tersebut, mobil ini cukup laris di pasaran dan punya banyak peminat. Sementara di Indonesia pun mobil ini juga punya penggemar tersendiri. PT Astra Daihatsu Motor selaku pemegang merek Daihatsu di Indonesia bahkan pernah menggelar Sirion Dress-up Challenge selama beberapa tahun terakhir.

Jika melihat timeline mobil ini di Indonesia, Sirion terakhir kali mendapatkan facelift di tahun 2015 dan ada varian anyar Sirion Sport pada awal tahun 2016. Maka jika Sirion ingin tetap menarik minat konsumen, mobil ini rasanya memang sudah perlu pembaharuan. Di Malaysia, Perodua telah mempunyai rencana untuk melepas Myvi baru, dan diperkirakan Myvi generasi ketiga tersebut bakal meluncur pada kuartal empat tahun ini. Lantas, bagaiman dengan Daihatsu Sirion di Indonesia?

Berbasis Daihatsu Boon atau Toyota Passo

Saat ini Daihatsu dan Perodua disebut tengah mengembangkan generasi baru Myvi / Sirion ini. Dari rumor yang beredar, Perodua Myvi akan menjadi model pertama manufaktur yang memakai tangki bahan bakar plastik atau Plastic Fuel Tank (PFT). Penggunaan PFT diklaim membuat bobot mobil jadi lebih ringan. Jika menyinggung platform yang digunakan, kita tahu bahwa generasi kedua Myvi dan Sirion saling berbagi rancang bangun. Namun untuk calon generasi barunya, kedua mobil ini disebut akan meminjam basis Daihatsu Boon atau Toyota Passo yang beredar di pasar Jepang.

Daihatsu Boon disebut akan menjadi basis bagi Sirion / Myvi terbaru (Foto: amazonaws)

Selain itu, nampaknya akan ada pergantian pula pada sektor dapur pacu dengan memanfaatkan mesin 1.3 L Dual VVT-i berkode 1NR-FE milik Toyota. Sebagai informasi, mesin tersebut juga telah digunakan pada Perodua Bezza yang baru meluncur. Kalaupun kembali ada pilihan mesin 1.5 L, kemungkinan menggunakan mesin berkode 2NR-FE yang di Indonesia digunakan pada Toyota Sienta.

 

Sirion Baru di Indonesia

Perodua Myvi dikabarkan bakal masuk pra-produksi pada bulan Juli tahun ini yang disusul kemudian masuk tahap produksi bulan Oktober 2017. Untuk peluncurannya yang disebut pada kuartal empat 2017, kemungkinan Perodua Myvi masuk ke pasar Malaysia pada kisaran November – Desember 2017.

Interior Daihatsu Boon (Foto: amazonaws)

Hingga saat ini sebenarnya belum ada kabar apapun dari pihak PT ADM mengenai kemungkinan Sirion turut mendapat generasi baru. Namun jika melongok sejarah mobil ini yang didatangkan secara utuh dari Malaysia, maka bukan tak mungkin jika PT ADM juga bakal menyusul langkah Perodua dan menjual generasi baru Sirion di Indonesia.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY