Menerka Harga Toyota Agya Facelift dari NJKB yang Telah Terdaftar

Menerka Harga Toyota Agya Facelift dari NJKB yang Telah Terdaftar

1134
0
BERBAGI
NJKB Toyota Agya yang muncul di web BPRD DKI Jakarta (Foto: BPRD)

Belakangan ini, rumor kemunculan Toyota Agya facelift kian santer terdengar. Mobil yang berada pada segmen LCGC (Low Cost Green Car) ini disebut bakal meluncur pada awal April mendatang dan menawarkan sejumlah penyegaran yang membuatnya lebih menarik.

Meski masih simpang-siur, namun tampaknya peluncuran Agya facelift memang hanya tinggal menunggu waktu, karena Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB)-nya telah terdaftar di website Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta sejak beberapa waktu lalu. Melalui NJKB ini, mari kita coba perhitungkan harga jualnya nanti!

Prediksi Harga

Mengutip data yang dirilis BPRD DKI Jakarta, Toyota Agya facelift akan hadir dalam 6 model dan punya dua pilihan mesin, yakni 1.0 L dan 1.2 L. Masing-masing tipe tersedia dalam pilihan transmisi manual dan otomatis. Sedangkan mengenai NJKB mobil ini, Toyota Agya facelift dikenai NJKB mulai dari Rp 89 juta hingga Rp 107 juta. Murah? Tunggu dulu, ini baru NJKB-nya. Jangan lupa, masih ada sejumlah biaya yang perlu ditambahkan seperti biaya pendaftaran kendaraan, balik nama dari perusahaan ke konsumen, biaya penerbitan surat tanda nomor kendaraan (STNK) beserta plat nomor dan sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ). Ini berarti harga jual mobil bakal lebih mahal sekitar 20 sampai 40 persen.

Gambar render Agya Facelift (Foto: otomotifnet)

Merujuk pada pedoman penghitungan nilai On The Road kendaraan bermotor dari laman Pajak.com, penghitungan tersebut didasarkan pada rumus: OTR = NJKB + (21,5 persen x NJKB). Angka 21,5 persen pada rumus tersebut didapat dari PKB 1,5 persen NJKB + BBNKB 10 persen NJKB + Biaya APM 10 persen NJKB. Lantas jika mengambil contoh NJKB tipe tertingginya yang berada di angka Rp 107 juta, maka dengan rumus di atas kita dapatkan harga OTR sebesar Rp 130.005.000.

Toyota Agya yang beredar saat ini (Foto: TAM)

Lantas, apakah ini harga final untuk tipe tertinggi dari Toyota Agya facelift? Belum tentu. Jangan lupa bahwa PT. Toyota Astra Motor sebagai Agen Pemegang Merek pasti masih akan menambahkan biaya lain-lain, termasuk biaya untuk keperluan promosi. Penambahan biaya sekitar Rp 10-20 juta dari harga OTR rumusan di atas rasanya masih masuk akal jika mengingat Agya tipe tertinggi yang beredar saat ini dijual dengan harga Rp 139 juta. Setidaknya, dengan perhitungan ini kita sudah bisa memperkirakan harga Agya facelift bukan?

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY