Tidak Hanya di Indonesia, Jualan Datsun di India Ternyata juga Jeblok

Tidak Hanya di Indonesia, Jualan Datsun di India Ternyata juga Jeblok

778
0
BERBAGI
Datsun Redi-GO, mobil yang mempunyai platform sama dengan Renault Kwid. (foto: zigwheels.com)

Beberapa hari yang lalu tersiar berita yang mengabarkan bahwa penjualan Datsun di Indonesia awal tahun 2017 ini sedang jeblok. Prosentase penurunan jumlah penjualannya bahkan mencapai sekitar 80%. Penurunan penjualan ini disinyalir oleh banyak pihak gara-gara sudah meluncurnya saingan yang sulit untuk ditandingi, yaitu si kembar Calya dan Sigra.

Di pasar terbesar Datsun lainnya, ternyata kejadianya tidak jauh beda. Nasib Datsun di India ternyata juga tiak lebih baik daripada Datsun di Indonesia. Kasus yang hampir sama juga menimpa Datsun India, yaitu dikarenakan kuatnya sang kompetitor. Menurut berita yang ditulis oleh Economic Times (ET) 22 Maret 2017 lalu, keadaan Datsun di India tampaknya malah lebih parah. Datsun India diberitakan tidak bisa mencapai target tiga tahunan yang ditetapkan saat dulu merek ini lahir kembali. Datsun yang akan genap berusia tiga tahun di akhir 2017 ini tak bisa memenuhi ekspektasi pertumbuhan. Target jualan selama jangka waktu itu adalah 200.000 unit, namun sampai saat ini Datsun India baru mampu menjual 80.000 unit.

Akan Mengubah Segmen Pasar?

Menanggapi keadaan ini, Nissan Motors sebagai induk merek ini bahkan siap mengubah arah laju Datsun menjadi merek yang lebih canggih dan modern di kelasnya. Vincent Cobee, Global Head of Datsun, mengatakan pada ET bahwa pihaknya akan mempercepat modernitas, kualitas, dan style untuk menarik perhatian baru. Langkah itu mengacu pada sister company mereka, Renault, yang sukses memecah dominasi Maruti Suzuki dan Hyundai dengan satu model saja, Kwid.

Mobil yang mempunyai platform sama dengan Go+ Panca ini katanya akan menjadi kejutan bagi pasar India. Mau diapain ya mobil ini? (Foto: Inautonews)

”Di India, kami masih dalam fase belajar dan sedang memasuki siklus hidup merek. Kami akan melanjutkan pengembangan produk, sesuai dengan pasar India. Kami mencoba bawa style dan teknologi yang modern, lebih cepat dari yang lain,” kata Cobee. Berdasarkan pengakuan berbagai sumber internal, Datsun Go Cross akan menjadi senjata awal untuk menggebrak kembali pasar. Perusahaan juga mempertimbangkan facelift beberapa model, menawarkan fitur konektivitas, transmisi otomatis, dan teknologi mild hybrid dalam tiga atau empat tahun ke depan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY