Antonio ‘Toti’ Zara Hijrah, Nissan Motor Indonesia Punya Bos Baru

Antonio ‘Toti’ Zara Hijrah, Nissan Motor Indonesia Punya Bos Baru

499
0
BERBAGI
Antonio 'Toti' Zara. (Foto: datsunbandung)

Setelah penggantian bos PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), di dua bisnis berbeda Mitsubishi di Indonesia, Kyoya Kondo sebagai Presdir PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yang menangani bisnis kendaraan penumpang dan kendaraan niaga ringan serta Atsushi Kurita menjadi Presdir KTB yang menangani kendaraan niaga per 1 April 2017, juga pengumuman Presdir baru yang juga terjadi di tubuh PT Honda Prospect Motor, dari Tomoki Uchida ke Takehiro Watanabe pada 15 Maret 2017 lalu, kali ini kabar penggantian bos datang dari PT Nissan Motor Indonesia (NMI).

Melalui press release yang disebarkan oleh NMI pada hari Jumat, 24 Maret 2017 lalu, Nissan menunjuk Eiichi Koito sebagai Presiden Direktur NMI yang baru menggantikan Antonio ‘Toti’ Zara. Koito akan menjabat Presdir NMI mulai 1 April 2017. Toti, panggilan akrab Antonio Zara, akan hijrah ke Nissan Asia & Oseania sebagai Wakil Presiden Senior bagian Proyek Transformasi. Toti sebetulnya baru menjabat sebagai Presdir NMI sejak 1 April 2016 lalu, yang artinya masa jabatannya di Indonesia hanya berumur satu tahun saja.

Koito Pernah di Mitsubishi Indonesia

Koito sendiri bukan orang baru di Industri otomotif Indonesia, karena sebelumnya Koito pernah dipekerjakan di KTB. Awal karir Koito dimulai sejak tahun 1994 di Mitsubishi Motors Corp (MMC) dan sempat tujuh tahun berkiprah di otomotif Indonesia sebagai Direktur Divisi Pemasaran KTB hingga 2011 silam. “Eiichi Koito memiliki catatan konsistensi kinerja yang baik serta pengalaman luas dalam industri otomotif dan juga di Mitsubishi. Pengalamannya menangani pasar Indonesia pada tugasnya terdahulu akan sangat menguntungkan,” kata Wakil Presiden Senior Regional dan Kepala Komite Operasional Nissan Asia & Oseania, Yutaka Sanada. “Saya senang memiliki pemimpin yang kuat seperti Koito bergabung untuk mempercepat pertumbuhan Nissan di pasar yang dinamis seperti Indonesia,” ujarnya menambahkan.

Mantan CEO Nissan Charlos Ghosn (kiri) dan Presiden Mitsubishi Motors Osamu Masuko (kanan) saat Nissan membeli saham Mitsubishi (foto : Nikkei)

Di markas MMC, Koito saat ini tercatat sebagai GM Divisi Layanan Purnajual Global Departemen Perencanaan Layanan Purnajual. Bisa dipastikan, penunjukkan Koito yang melintas merek dari Mitsubishi ke Nissan ini adalah sebagai efek dari aliansi baru Renault-Nissan-Mitsubishi yang terbentuk belum lama ini.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY