Bagaimanakah Kriteria MPV yang Bakal Disukai oleh Masyarakat Indonesia?

Bagaimanakah Kriteria MPV yang Bakal Disukai oleh Masyarakat Indonesia?

417
0
BERBAGI
(Foto: Ototaiment)

Persaingan penjualan otomotif di segmen mobil penumpang berjenis multi purpose vehicle (MPV) di Indonesia cukup ketat dengan banyaknya pabrikan yang mengeluarkan model tersebut. Segmen MPV dalam beberapa tahun terakhir juga merajai pasar di Indonesia, sebut saja Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, dan lain sebagainya. Jumlah penjualannya mengungguli jenis SUV atau sedan, ya, walaupun dalam tiga tahun terakhir mobil jenis LCGC juga laris manis di pasaran.

Lalu jika memang MPV adalah jenis kendaraan yang sangat laris di Indonesia, maka sebenarnya cukup wajar jika timbul pertanyaan MPV dengan kriteria seperti apakah yang bisa diterima oleh masyarakat Indonesia? Pengamat otomotif Institut Teknologi Bandung, Yannes Martinus menerangkan, kriteria utama mobil yang akan diterima masyarakat secara luas di Indonesia ialah murah harganya. Akan semakin laris lagi jika mobil tersebut memiliki kecanggihan teknologi, namun harganya tetap terjangkau. “Yang paling penting canggih, tampilannya streamline (meruncing ke depan), modern, murah tapi tidak murahan,” ucap Yannes Martinus.

Harus Sporty Juga

Untuk saat ini, Yannes juga menilai bahwa MPV juga harus menonjolkan karakter sporty, “Bentuk depannya lancip seperti mobil sports, karakteristiknya pada mobil sport juga menempel di mobil MPV, kontur body sampingnya jangan datar tapi ada alurnya, itu disukai.” Terkait soal warna, Yannes menilai bodi dengan warna hitam, putih dan silver akan lebih disukai oleh konsumen Indonesia.

LCGC seven seater pendatang baru ini juga langsung laris manis di pasaran. Karena harganya murah? (Foto: Ototaiment)

Selain eksterior, bagian interior juga tidak boleh luput dari inovasi. “Kenyamanan dalam kabin diutamakan walaupun mobilnya murah. Kalau pasang fitur-fitur otomatis karena masyarakat sudah terbiasa dengan yang otomatis,” katanya Yannes. Selain itu, yang terpenting dari interior adalah AC harus bisa dingin karena cuaca di Indonesia yang panas. Tetapi dari semua kriteria di atas, faktor yang paling penting dan sulit untuk didebat adalah harga yang harus murah. Untuk menekan harga dan laku dipasaran, Yannes mengatakan perusahaan harus mengurangi keuntungan atau meningkatkan efisiensi produksi.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY