Tahun ini Taxi Listrik Akan Mulai Digunakan di London

Tahun ini Taxi Listrik Akan Mulai Digunakan di London

283
0
BERBAGI
(foto: London Taxi Company)

Jika Amerika Serikat memiliki ciri khas pada taksinya yang berwarna kuning, London juga memiliki ciri khas pada bentuk taksinya yang berwarna hitam. Dari tahun ke tahun tampak tidak terjadi banyak perubahan bentuk pada taksi di London, sehingga taksi di sana selalu menimbulkan kesan klasik. Nah, mulai tahun ini, walaupun tetap memakai bentuk klasiknya, namun pemasok taksi di London tengah berencana untuk mengganti mesin konvensionalnya menggunakan mesin listrik.

Perusahaan pemasok taksi London telah membuka pabrik baru di pusat kota Inggris demi memroduksi green cab atau taksi listrik yang ramah lingkungan. Produksi ini diharapkan juga mampu diperluas hingga ke berbagai negara demi memerangi polusi udara yang kian marak terjadi saat ini. Pabrik taksi listrik milik London Taxi Company yang dibangun di Coventry ini disebut-sebut sebagai yang pertama di Inggris dan menjadi salah satu investasi terbesar mereka yang mencapai lebih dari Rp 5 triliun.

Dibantu Geely?

Keputusan yang diambil oleh perusahaan yang beberapa tahun lalu diselamatkan dari kebangkrutan oleh perusahaan China, Geely, ini diharapkan dapat membantu mengembangkan kembali transportasi Inggris pasca keluar dari Uni Eropa. Apakah berarti ada campur tangan dari Geely pada proyek taksi listrik ini? Sayangnya pihak London Taxi Company tidak memberikan keterangan resmi tentang hal ini. Taksi listrik ini rencananya akan mulai dipasarkan pada akhir 2017 ini di Inggris dengan kapasitas produksi 20.000 unit. Sementara untuk pasaran Eropa, kemungkinan besar baru akan mendapat distribusi pada awal tahun depan.

Taxi listrik ini diharapkan sudah bisa beroperasi di tahun 2017 ini. (foto: London Taxi Company)

Sejak Januari, walikota London memang sudah mengeluarkan peraturan bahwa semua taksi baru di ibukota Inggris tersebut harus sudah bertenaga listrik ataupun hybrid, agar lebih ramah lingkungan. “Ini menandai kelahiran kembali London Taxi Company. Kami akan selalu mengusung visi utama kami, yaitu merancang kendaraan publik yang mampu beroperasi tanpa emisi untuk menghemat biaya bagi pengendara. Kami akan coba terapkan ini tak hanya di Inggris tapi juga di negara lain,” ungkap CEO London Taxi Company, Chris Gubbey.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY