Ini Alasan Agya – Ayla Facelift Pergunakan Mesin “NR”

Ini Alasan Agya – Ayla Facelift Pergunakan Mesin “NR”

1770
0
BERBAGI
Apa saja yang baru dari Agya - Ayla Facelift nanti? (Foto: Ototaiment)

Melalui berbagai informasi yang beredar, diketahui bahwa duo LCGC kembar Toyota Agya dan Daihatsu Ayla facelift akan mendapatkan opsi mesin baru berkapasitas 1.200 cc. Beberapa sumber menyebutkan bahwa mesin yang digunakan sama seperti yang ada pada jantung pacu Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, yakni berkode 3NR-VE.

Penggunaan mesin yang sama tersebut sebenarnya bukan hal yang aneh, malah boleh dibilang sangat wajar. Baik Toyota maupun Daihatsu pasti telah menggelontorkan dana tidak sedikit saat pertama kali meriset mesin NR, sehingga tidak mungkin mesin tersebut hanya ditempatkan pada satu model mobil saja. Lantas, apa yang membuat mesin ini diklaim unggul?

Material Alumunium

Melansir Otodriver, Anjar Rosadi selaku Technical Service Executive Coordinator PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan bahwa mesin berkode NR mempunyai keunggulan berkat penggunaan material alumunium pada bagian block dan head cylinder-nya. Hasilnya, bobot mesin menjadi lebih ringan dan mampu melepas panas lebih baik.

Mesin Toyota Sienta Berkode 2NR-FE yang diproduksi di Karawang (Foto : Ototaiment)
Salah satu contoh mesin berkode NR, tepatnya milik Toyota Sienta yang Berkode 2NR-FE dan diproduksi di Karawang (Foto : Ototaiment)

Tak hanya itu, teknologi Dual VVT-i yang belakangan ini menjadi andalan Toyota dan Daihatsu jelas menjadi faktor lain yang mendukung penggunaan mesin berkode NR tersebut. Teknologi ini membuat output tenaga lebih maksimal dan mampu memberikan nilai efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Penggunaannya pada Agya – Ayla yang memiliki bodi lebih kompak dari Calya – Sigra juga kami rasa bakal memberikan imbas performa yang lebih handal. Benar atau tidak? Kita nantikan saja!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY