Penjualan Naik, SUV Mercy Makin Laris di Indonesia

Penjualan Naik, SUV Mercy Makin Laris di Indonesia

467
0
BERBAGI
Mercedes-Benz GLC X253 (foto: Mercedes-Benz Indonesia)

Trend SUV yang terjadi beberapa tahun belakangan ini tampaknya tidak hanya mempengaruhi penjualan SUV kelas menengah saja, karena ternyata penjualan SUV kelas premium pun terkena dampaknya. Salah satu contohnya adalah penjualan Mercedes-Benz Indonesia, yang berhasil menaikkan penjualannya hingga 13 persen pada periode Januari-Februari 2017 ini, jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2016 lalu. Jika periode Januari-Februari 2016 penjualan Mercy mencapai 444 unit, tahun ini angka itu mencapai 501 unit.

Menurut keterangan yang disampaikan oleh Deputy Director Sales Operation & Product Management Mercedes-Benz Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto, peningkatan 13 persen tersebut didominasi oleh produk SUV-nya. “GLC itu sangat luar biasa respons marketnya. Secara penjualan kontribusinya untuk sekarang paling besar dari GLC itu,” katanya. Kariyanto juga menambahkan, “Tahun lalu kan kita porsi SUV di 2016 kurang lebih 32 persen, tapi kami lihat kayanya di Januari-Februari tahun ini bisa kisaran 40 persen.” Walau begitu, Kariyanto mengatakan bahwa mobil sedan memang masih punya porsi paling besar.

Sedan dan SUV Jadi Fokus Utama Tahun ini

Dari respon pasar yang sudah terlihat, untuk penjualan tahun ini, Mercedes-Benz Indonesia akan fokus pada dua model, yaitu sedan dan SUV. “Tahun ini kita tetap, hero models kita yang E-Class, tapi kita perkuat juga SUV kita. Kami berharap ke depan tren SUV masih kencang,” harap Kariyanto. Untuk sedan, salah satu yang menjadi fokus Mercedes-Benz Indonesia adalah E-Class, “Tapi secara growth yang paling tinggi SUV. Saya enggak hafal untuk angkanya, tapi bisa double digit growth-nya SUV yah, tapi saya lihat tidak hanya di kita (Mercedes-Benz), secara umun trend SUV memang naik.”

Mercedes-Benz E-Class W213 (foto: Mercedes-Benz Indonesia)

Untuk mempermulus target fokusnya tersebut, Mercedes-Benz mendorong perluasan jaringannya dengan pembangunan beberapa dealer barunya. “Nanti kita akan ada yang diresmikan di BSD, terus nanti ada juga sedang bangun di daerah Gandaria, ada juga di daerah Ciputat untuk body and paint, di Palembang sedang bangun, di Surabaya juga akan segera di resmikan yang baru,” ungkap Kariyanto. Dari beberapa dealer tersebut Kariyanto mengatakan beberapa dealer tersebut ada yang benar-benar baru, ada pula yang hanya renovasi.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY