Sidoarjo Pasok Sparepart Otomotif ke Ukraina

Sidoarjo Pasok Sparepart Otomotif ke Ukraina

174
0
BERBAGI
Sidoarjo-Kremenchuk (foto: Kemenlu Indonesia)

Belum lama ini, Sidoarjo dan Kota Kremenchuk, Ukraina, telah sepakat menandatangi Letter of Intent (LOI) kerja sama Sister City. Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dan Wakil Wali Kota Kremenchug Volodymr Pelypenko serta disaksikan Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kyiv Yusran Hadromi. Kedua kota ini sepakat untuk mewujudkan kerja sama konkret antara kedua belah pihak, salah satunya adalah kegiatan ekspor yang dilakukan oleh pabrik suku cadang dan aksesoris otomotif di Sidoarjo ke Ukraina.

Menurut keterangan dari Saiful Ilah yang diberitakan oleh Antara, kunjungan ke Ukraina ini atas undangan KBRI Kyiv untuk mengikuti pameran wisata internasional (Ukraine International Travel & Tourism/UITT), melakukan pertemuan bisnis, dan pertemuan dengan Pemkot Kremenchug serta kalangan pengusaha di kota sekitar 290 kilometer dari ibu kota Ukraina, Kyiv. “Saya optimis rangkaian kunjungan kerja yang diprakarsai KBRI Kyiv ini dapat meningkatkan ekspor dan diversifikasi produk Sidoarjo ke Ukraina, mengeksplorasi kerja sama di bidang iptek, sosial budaya, pendidikan, dan olah raga,” kata Saiful.

Menyuplai Sparepart Kendaraan Berat

Bupati Saiful menyebutkan produk Sidoarjo dan produk Kremenchuk dapat saling melengkapi. “Sidoarjo memasok aksesori dan suku cadang kendaraan berat produksi Kremenchuk. Kami juga tertarik dengan energi terbaharukan bio gas serta sistem IT Kremenchuk,” ujar Saiful.

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah (dua dari kanan) saat berada di Ukraina untuk menandatangani kerjasama dengan kota Kremenchuk. (foto: Kabag Kerjasama Pemkab Sidoarjo)

Produk suku cadang dan aksesori otomotif potensial masuk ke Kremenchuk yang merupakan salah satu kota industri berat terbesar di Ukraina. Ukraina memiliki 86 perusahaan industri besar salah satunya Pabrik Truk Kraz yang merupakan perusahaan otomotif memproduksi truk dan kendaraan special purpose yang populer sebagai truk militer multi fungsi, memiliki kemampuan off-road, dan hemat bensin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY