Kasus Dieselgate VW Belum Usai, Kini Timbul Masalah Baru!

Kasus Dieselgate VW Belum Usai, Kini Timbul Masalah Baru!

487
0
BERBAGI
Kecurangan VW berdampak besar pada dunia otomotif (Foto: gettyimages)

Skandal pemalsuan data uji emisi yang dilakukan oleh Volkswagen (VW) pada kendaraan produksinya yang menggunakan mesin diesel memang telah berlangsung sejak akhir tahun 2015, namun hingga saat ini kasus yang juga dikenal sebagai dieselgate tersebut ternyata tak kunjung usai memberikan dampak lanjutan.

Berdasarkan laporan The Guardian, (2/4/2017), saat ini muncul masalah baru sebagai buntut dieselgate. Sejumlah konsumen produk VW Group seperti VW, Audi, Seat dan Skoda di Eropa mangaku bahwa kendaraan mereka justru mendapatkan permasalahan baru yang serius setelah VW Group mencoba untuk memperbaiki emisi gas buang mesin diesel dari kendaraan mereka.

 

Bermasalah Setelah Perawatan

Para konsumen di Eropa itu memberikan komplain karena mobil diesel mereka justru bermasalah setelah melakukan perawatan rutin di dealer resmi VW Group. Padahal, sebelum ini mobil para konsumen itu tidak pernah mengalami masalah sebelumnya. Salah seorang konsumen bernama James Harrison misalnya, mengaku pada The Guardian bahwa VW Golf 2010 1.6 L Diesel kepunyaannya mendapatkan penggantian perangkat keras sebagai upaya perbaikan paska skandal dieselgate. Sayangnya, setelah mendapatkan penggantian itu mobil Harrison justru sering mati mendadak dan sulit dinyalakan ulang.

Sejumlah merek dibawah VW Group juga mendapatkan masalah yang sama (Foto: gettyimages)

Tak berhenti di situ, ia juga menemukan semacam abu sisa pembakaran yang menumpuk pada filter yang jumlahnya terus bertambah setiap kali mobil digunakan. Kabarnya, jumlah kotoran itu bahkan melebihi kasus yang sama saat melakukan perawatan rutin. Harrison mengaku khawatir dengan hal ini, terutama untuk jangka panjang. Ia mengeluhkan kemungkinan mobilnya mengalami masalah serupa tiap hari sehingga kemungkinan berdampak pada katup exhaust gas recirculation (EGR) dan sistem saluran gas buang lainnya.

Dilema Konsumen

Hingga saat ini, VW Group menyatakan sudah memperbaiki 480.000 unit mobil dan menindaklanjuti 3.600-an pengaduan terkait kasus dieselgate. Namun para konsumen mengatakan bahwa VW melakukannya tanpa pemberitahuan kepada pemilik, setiap kali konsumen melakukan perawatan rutin.

James Liang, insinyur VW yang mengaku bersalah atas skandal dieselgate (Foto: Detroitnews)

Hal ini kemudian menjadi pertanyaan bagi para pengguna mobil keluaran VW Group di Eropa, yakni mengenai perlunya mengembalikan mobil mereka ke dealer untuk diperbaiki kadar emisinya, mengingat setelah perbaikan justru timbul permasalahan. Pihak pabrikan pun masih belum memberikan kejelasan apapun terkait hal ini.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY