Gara-Gara Taksi Online, Pamor Avanza – Xenia Jatuh

Gara-Gara Taksi Online, Pamor Avanza – Xenia Jatuh

932
0
BERBAGI
Toyota Avanza bekas kini turun pamor di Jakarta (Foto: Toyota)

Saat ini, banyak pemilik kendaraan pribadi yang menggunakan mobilnya sebagai armada taksi online. Kalaupun menggunakan mobil pribadi dirasa sayang, maka alternatif lainnya adalah membeli mobil bekas yang khusus dipergunakan sebagai taksi online. Pilihan ini juga menjadi solusi bagi mereka yang sebelumnya tidak punya mobil pribadi namun tertarik untuk menangguk Rupiah dengan menjadi pengemudi taksi online.

Itulah sebabnya beberapa waktu belakangan ini pasar mobil bekas terdongkrak penjualannya. Salah satu yang paling laris diminati adalah mobil yang menyandang gelar mobil sejuta umat: Toyota Avanza (termasuk kembarannya, Daihatsu Xenia). Hal ini karena kedua mobil tersebut mampu mengangkut lebih banyak penumpang dan dikenal cukup tangguh.

Laris Dahulu, Pamor Anjlok Kemudian

Sayangnya kondisi ini tak berlangsung lama. Banyak pedagang mobil bekas mulai mengeluhkan turunnya penjualan kedua mobil tersebut karena banyak orang yang kini menganggap Avanza-Xenia sebagai mobil khusus taksi. Akibatnya, banyak calon pembeli mobil bekas yang tadinya tertarik membeli Avanza-Xenia jadi melipir dan memilih mobil lain.

Honda Mobilio disebut lebih memiliki gengsi dibandingkan Avanza-Xenia yang ramai digunakan sebagai taksi online (Foto: Honda)

Merujuk pada pernyataan salah seorang pedagang mobil bekas di MGK Kemayoran, Jakarta bernama Teddy, saat ini konsumen mobil Low MPV memilih untuk beralih ke Honda Mobilio. Meskipun harganya sedikit lebih mahal, namun menurut Teddy gengsi mobil ini lebih dapat. Kalaupun ada konsumen kelas menengah yang turut mencari mobil bekas, maka pilihan akan jatuh pada Toyota Innova atau Fortuner, demikian ungkap Teddy yang kami lansir dari Kompas Otomotif. Meski begitu, kondisi ini hanya berlaku untuk konsumen Jakarta yang mementingkan gengsi, sedangkan bagi konsumen di daerah, Avanza-Xenia tetaplah idola.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY