Gaikindo Siapkan Diri untuk Sambut Standar Euro 4 di Indonesia

Gaikindo Siapkan Diri untuk Sambut Standar Euro 4 di Indonesia

207
0
BERBAGI
(sumber: motorcycle life)

Delapan belas bulan lagi Indonesia akan memiliki standar baru terkait dengan bahan bakar dan emisi. Peraturan Menteri (PERMEN) LHK No.p.20/MENLHK/SETJEN/KUM. 1/3/2017, tentang baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor tipe Euro 4 akan diberlakukan tahun depan. Untuk menyambut standar baru ini, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sebagai wadah untuk para produsen otomotif di Indonesia harus mempersiapkan banyak hal.

Sekretaris umum Gaikindo, Kukuh Kumara mengatakan pihaknya senang dengan adanya standar baru tersebut, namun dirinya juga mengatakan akan ada pekerjaan tambahan nantinya. “Kita senang bahwa Euro 4 berjalan, sudah ditetapkan 18 bulan ke depan, maka ada PR (Pekerjaan Rumah) untuk temen-temen Gaikindo, adalah bagaimana mengimplementasikan ini. Karena perencanaan dan sebagainya, masalah logistik dan sebagainya,” ujar Kukuh.

Mengatur Rencana agar Tidak Terjadi Kerugian Produksi

Masalah logistik dan proses penyelesaian yang dimaksud Kukuh akan menjadi pekerjaan rumah bagi Gaikindo adalah agar nantinya pabrikan yang sudah memproduksi kendaraan beremisi Euro 2 tidak mengalami kerugian. “Supaya smooth, karena kalau enggak produk-produk ini tidak bisa dibuang kemana-kemana lagi, karena pasarnya yang Euro 2 tinggal Laos dan Myanmar,” ucap Kukuh.

Kukuh Kumara, Sekretaris Umum (Sekum) Gabungan Industri Otomotif Indonesia (Gaikindo) Periode 206-2019, bersama Sekum periode sebelumnya, Noegardjito. (foto: Gaikindo)

Selain itu, dirinya juga mengatakan akan memberi laporan kepada para anggota Gaikindo mengenai apa saja yang berkaitan dengan penerapan Euro 4 ini. “Ini yang mungkin akan banyak dikomunikasikan kepada para anggota bahwa sekarang keputusan sudah dibuat. Ini juga ada isunya di antara para anggota kami,” katanya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY