Model MPV Masih Mencatat Penjualan Tertinggi di Indonesia

Model MPV Masih Mencatat Penjualan Tertinggi di Indonesia

297
0
BERBAGI
Produk terbaru dari Honda Prospect Motor di awal tahun ini, Honda New Mobilio. (Foto: Kompas)

Selera masyarakat Indonesia terhadap mobil nampaknya tidak banyak berubah sejak dahulu. Hingga saat ini, masyarakat Indonesia masih menggemari mobil yang bisa muat banyak penumpang, irit, dan mudah perawatannya. Hal ini terbukti dari model-model MPV yang masih memimpin penjualan mobil di Indonesia. Penguasaan pasar oleh model MPV di awal tahun ini mencapai 40% dari seluruh model.

Penjualan mobil di Indonesia tiap tahun menunjukan tren naik, rata-rata 15,5%. Beberapa tahun sebelum ini, pasar mobil domestik memang fluktuatif, dan sempat turun pada 2015 akibat perlambatan ekonomi. “Pada 2016 penjualan MPV kembali meningkat sekitar 450 ribuan unit, dibanding 2015 sebesar 375 ribuan unit,” kata Kukuh Kumara, Sekretaris Umum Gaikindo. Meningkatnya kembali penjualan MPV didorong oleh masuknya sejumlah kelas MPV kecil (low MPV), termasuk yang pernah dipakai untuk taksi online.

Pajak Murah

Selain menjadi mobil yang bisa memuat banyak penumpang, model MPV di Indonesia juga memiliki daya tarik lain yang juga memikat produsen atau distributor, karena pemerintah Indonesia bersedia memberikan insentif untuk produksi dan penjualan (ekspor) MPV. “Pajak kecil mendorong berkembangnya produksi dan pasar MPV di Indonesia,” ujar Kukuh.

Avanza tetap menjadi pemimpin penjualan di segmen MPV. (Foto : Toyota)

 

Beberapa merek mobil yang bermain di segmen MPV antara lain Daihatsu, Datsun, Nissan, Honda, Isuzu, Proton, Suzuki, dan Toyota. Hingga awal tahun ini, penjualan masih dipimpin oleh Toyota dengan Avanzanya, dan diprediksikan kondisi ini masih akan berlangsung hingga pertengahan tahun 2017 nanti.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY