Pengguna Mobil Diesel di Inggris Akan Dikenai “Pajak Racun”

Pengguna Mobil Diesel di Inggris Akan Dikenai “Pajak Racun”

224
0
BERBAGI
Pemerintah Inggris akan menerapkan pajak racun bagi pengguna mobil diesel (Foto: Scoopnest)

Beberapa tahun terakhir, banyak kota di dunia yang mulai galak kepada mesin diesel akibat dinilai menjadi salah satu penyumbang emisi terbesar. Beberapa kota besar dunia bahkan telah menyepakati untuk melarang mobil dengan mesin diesel, khususnya yang berusia tua, untuk masuk ke kawasan perkotaan.

Tak hanya itu, sebuah berita datang dari Inggris, dimana negara Ratu Elizabeth itu telah mengeluarkan sebuah proposal baru yang isinya tentang rencana mengenakan “pajak racun” (toxin taxes) pada para pengguna mobil bermesin diesel sebesar 20 Poundsterling (sekitar Rp 331.000) per harinya. Wow!

Diterapkan di 35 Kota

Meski aturan ini belum resmi berlaku karena baru berupa proposal, namun banyak kalangan meyakini langkah ini akan memicu pro dan kontra. Pro, karena peraturan ini dinilai berguna untuk membatasi penggunaan mobil tua dan komersial yang tidak sesuai dengan standar emisi baru, namun kontra, karena melalui peraturan ini pasar otomotif di Inggris bisa goyah.

Ilustrasi lalu-lintas di Inggris (Foto: The Sun)

Bukan tanpa alasan jika Inggris cukup percaya diri menerapkan pajak racun ini di negaranya, karena sistem tersebut sebelumnya sudah diterapkan di London, khususnya di jalur perkotaan, dan meraih hasil positif. Selain mampu menekan angka penggunaan mobil diesel tua, peraturan ini juga berimbas baik untuk mengurangi kemacetan di London.

Sekitar 35 kota di Inggris akan menerapkan peraturan ini jika jadi diresmikan (Foto: The Sun)

Selain London, Pemerintah Inggris berencana menerapkan aturan baru tersebut di 35 kota, sementara mobil bermesin diesel yang berdomisili di luar dari 35 kota tadi tidak diharuskan membayar, kecuali mereka ingin masuk ke 35 kota tadi di saat jam-jam sibuk. Nantinya bila aturan baru ini diterapkan, diperkirakan bakal berpengaruh pada 10 juta kendaraan yang ada di Inggris saat ini, mulai dari bus, taksi, truk serta kendaraan lainnya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY