Walau Hanya 3 Tahun Memimpin, Hiroyuki Fukui Mampu Bawa Toyota Juarai Pasar...

Walau Hanya 3 Tahun Memimpin, Hiroyuki Fukui Mampu Bawa Toyota Juarai Pasar Otomotif Indonesia

246
0
BERBAGI

Jabatan tertinggi di PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah berganti tangan, dari Hiroyuki Fukui digantikan oleh Yoshihiro Nakata. Meski hanya menjabat selama 3 tahun sebagai CEO TAM, Fukui dinilai berhasil memimpin perusahaan di tengah masa-masa sulit yang dihadapi hampir semua pelaku industri, khususnya di sektor otomotif. Bersama Fukui, TAM bisa melalui berbagai dampak tak menguntungkan akibat melemahnya kondisi perekonomian dunia terhadap ekonomi Indonesia.

TAM sebagai perusahaan Agen Pemegang Merek (APM) Toyota di Indonesia mampu mempertahankan posisinya sebagai market leader dengan pangsa pasar yang semakin signifikan. Berdasarkan data, pada 2015 penjualan TAM di pasar ritel mampu mencapai 325.939 unit dan naik 19,10% menjadi 388.204 unit. Di pasar wholesales, penjualan TAM periode yang sama naik 18,56% dari 321.818 unit ke posisi 381.566 unit. Angka tersebut menunjukkan kinerja pertumbuhan penjualan TAM jauh di atas rata-rata industri yang hanya sekitar 5%.

Unjuk Gigi di Tingkat Internasional

Di bawah kepemimpinan Hiroyuki Fukui ini, Toyota Indonesia juga mampu meningkatkan posisinya di kancah global. Sejak 2014, posisi TAM yang sebelumnya berada pada posisi ke 5 naik ke posisi ke 4 menggantikan posisi Thailand, dan posisi tersebut terus bertahan sampai saat ini. Keberhasilan TAM tidak terlepas dari semangat Toyota Let’s Go Beyond yang lahir dari inspirasi serta ide Fukui. Toyota Let’s Go Beyond telah menjadi warisan yang sangat berharga dari Fukui.

Berkat keuletannya, Fukui berhasil bawa Toyota Indonesia lalui masa sulit. (foto: Toyota Global)

TAM juga terus menambah jaringan layanan aftersales service yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia dan hingga saat jumlahnya sudah mendekati 300 outlet. “Sebagai CEO, Hiroyuki Fukui telah memberikan inspirasi positif dan berbagai pengalaman yang sangat berharga bagi keluarga besar TAM,” ucap Henry Tanoto Vice President Director TAM. “Kepemimpinan Fukui kami yakini akan menjadi catatan tinta emas dalam milestone sejarah TAM ke depan sekaligus menjadi motivasi bagi TAM untuk selalu lebih optimistis dalam menatap berbagai tantangan dan peluang guna menjadi yang terbaik bagi pelanggan dan masyarakat Indonesia,” tutup Henry.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY