Wacana Ganjil-Genap Untuk Hadapi Arus Mudik 2017

Wacana Ganjil-Genap Untuk Hadapi Arus Mudik 2017

347
0
BERBAGI
Wacana aturan ganjil genap untuk atasi arus mudik 2017 tengah jadi perbincangan (Foto: Viva)

Sebagai sebuah negara yang memiliki tradisi pulang kampung saat Hari Raya, Indonesia selalu dihadapkan pada permasalahan pelik mengenai skenario pengaturan arus di jalur mudik yang kerap dipadati para pemudik. Jika berkaca pada arus mudik di tahun lalu, masih banyak ‘PR’ bagi pemerintah agar di tahun ini kejadian-kejadian nahas seperti yang terjadi di kawasan Brexit (exit toll Brebes) tahun lalu tidak terjadi lagi.

Untuk itu, menjelang musim mudik tahun ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah berancang-ancang untuk menerapkan skenario pengaturan lalu-lintas. Kabarnya, sejumlah kawasan di Ibu Kota akan menerapkan aturan ganjil-genap agar arus lalu-lintas tidak membludak.

Baru Wacana

Menurut Pudji Hartanto, Direktur Jendral (Dirjen) Perhubungan Darat, penerapan ganjil-genap untuk mudik tersebut masih dalam tahap wacana. Pudji mengatakan bahwa wacana tersebut merupakan aspirasi dari masyarakat dengan berdasar pada pengalaman melihat turunnya jumlah kemacetan di Jakarta setelah penerapan aturan plat nomor ganjil-genap.

Kemacetan di Brexit tahun lalu (Foto: Kompas)

Walaupun Pudji mengakui hal tersebut bisa diterapkan untuk kasus arus mudik, namun proses pelaksanaannya tentu tidak mudah dan butuh banyak koordinasi, apalagi sistem ini tidak bisa disamakan aturan mainnya antara jalan biasa dan jalan tol. Belum lagi, untuk menerapkan sistem ini saat arus mudik lebih rumit karena sifatnya massal dan menyangkut volume kendaraan yang lebih besar. Untuk itu, Kemenhub masih akan mengkaji lagi dengan melibatkan litbang, riset dan simulasi.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY