Hyundai dan Kia Recall 1,5 Juta Mobilnya!

Hyundai dan Kia Recall 1,5 Juta Mobilnya!

512
0
BERBAGI
Kia Optima (foto: Kia)

Setelah berita recall yang akhir-akhir ini didominasi oleh produsen mobil asal Jepang dengan kasus kerusakan airbag yang diproduksi oleh Takata, kali ini berita recall datang dari Hyundai Motor Co dan Kia Motors Corp. Pabrikan asal Korea ini rencananya akan melakukan recall terhadap sekitar 1,5 juta mobil di Amerika Serikat dan Korea Selatan karena masalah mesin. Kia dan Hyundai mengajukan rencana untuk recall ini karena cacat mesin yang bisa membuat kendaraan mati secara tiba-tiba.

Perusahaan mengatakan, recall itu untuk produk Hyundai Sonata, Hyundai Santa Fe, Kia Optima, Sorento dan Sportage. Penarikan kendaraan yang bisa merugikan kedua perusahaan hingga ratusan juta dolar itu menyulut kekhawatiran atas kualitas produk Hyundai dan Kia yang sedang mengalami penurunan penjualan yang tajam di China dan permintaan melambat di Amerika Serikat juga Korea Selatan. Saham Hyundai Motor diberitakan turun 2,4% sedangkan Kia Motors turun 0,9%. Sedangkan total biaya yang dikeluarkan untuk recall tersebut, perusahaan tidak mau mengungkapkannya.

Bukan yang Pertama Kalinya

Recall ini ternyata bukan yang pertama kalinya, karena pada tahun 2015, Hyundai Motor pernah menarik 470.000 sedan Sonata di Amerika Serikat guna pergantian beberapa bagian mesin yang rusak. Seorang juru bicara Hyundai mengatakan penarikan terbaru disebabkan masalah mesin yang berbeda, namun seorang pejabat kementerian Korea Selatan mengatakan ada kemiripan dalam kerusakan itu. Kementerian mengatakan puing-puing logam di poros engkol menyebabkan kerusakan mesin yang mengarah pada terjadinya mesin mati mendadak.

Hyundai Sonata (foto: Hyundai USA)

Dari sisi perusahaan, perwakilannya menyatakan, “Penarikan kembali ini terkait dengan masalah proses manufaktur, bukan masalah struktur mesin Theta 2GDi dan kami telah menyelesaikan perbaikan melalui langkah-langkah yang tepat.” Recall di Korea Selatan akan dimulai pada tanggal 22 Mei 2017 mendatang dan Hyundai mengatakan akan mengganti mesin rusak dengan unit baru setelah pemeriksaan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY