Pemilik Honda Tidak Perlu Khawatir dengan Kenaikan Standar Euro 4

Pemilik Honda Tidak Perlu Khawatir dengan Kenaikan Standar Euro 4

402
0
BERBAGI
Salah satu produk Honda yang sudah berstandar Euro4 adalah BR-V. (Foto: Ototaiment)

Akan diterapkannya peraturan baru mengenai standar bahan bakar di Indonesia dari Euro 2 menjadi standar Euro 4 mungkin bisa membuat para pemilik mobil sekarang bingung karena jika nanti standar baru sudah diterapkan tahun depan, maka semua SPBU akan menjual bahan bakar dengan standar Euro 4, sedangkan mobil yang dijual di Indonesia selama ini terlanjur berstandar Euro 2. Mungkin nantinya para pemilik mobil berstandar Euro 2 harus sedikit melakukan ubahan pada mesin mobilnya agar bisa mengkonsumsi BBM berstandar Euro 4.

Namun jika Anda adalah seorang pemilik mobil Honda, maka Anda tidak perlu khawatir lagi karena mobil-mobil Honda keluaran beberapa tahun belakangan ini sudah siap dengan aturan emisi Euro 4, jadi pengguna mobil tak perlu memodifikasi mesin mobilnya lagi. “Kami sih sudah siap, dari dulu sudah Euro 4, jadi sekarang mobil yang beredar hampir semuanya, kecuali Accord, saya mesti cek lagi, mestinya sih sudah memenuhi emisi Euro 4, tapi saya mesti cek. Jadi keunggulannya kami nantinya konsumen yang sudah beli enggak perlu ubah ke Euro 4, sudah bisa jalan,” ujar Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy.

Komponen Mesin Sudah Sesuai dengan Euro 4

Jonfis menuturkan bahwa semua komponen mesin yang ada di mobil Honda sudah memungkinkan untuk menerima standar Euro 4, baik itu komponen vital seperti Electronic Control Unit (ECU) atau sensor oksigen sudah Euro 4. Dia mencontohkan mobil BR-V sudah memenuhi standar Euro 4, “Di brosur kita cantumin biasanya, emisi sudah lulus Euro 2 tapi compliance Euro 4, compliance artinya kalau pakai bensin Euro 4 gak masalah,” ujarnya.

Jonfis masih belum yakin apakah Accord sudah bisa menerima standar Euro4 atau belum. (foto: Ototaiment)

Permasalahan bahan bakar itu juga yang membuat mobil Honda selama ini sering menemui perbedaan tenaga dengan mobil Honda yang dijual di luar negeri. Mobil Honda di Indonesia sudah bisa menerima Euro 4, tetapi selama ini BBM yang tersedia hanya berstandar Euro 2, “Karena masalah oktan ini, bensin di kita masih Euro 2, kalau BBM sudah sesuai dengan Euro 4 maka performa mobil akan meningkat lagi,” tutup Jonfis.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY