Masih Dirakit di India, Akankah Suzuki Ignis Diproduksi Secara Lokal?

Masih Dirakit di India, Akankah Suzuki Ignis Diproduksi Secara Lokal?

408
0
BERBAGI
Suzuki Ignis, bintang baru dari Suzuki Indonesia yang baru saja dirilis. (Foto: Ototaiment)

Jagoan baru Suzuki Indonesia, Ignis, baru saja meluncur di Tanah Air dan ditawarkan dalam rentang harga yang cukup kompetitif. Mobil yang mendaku diri sebagai Urban SUV ini dijual mulai dari Rp 139,5 juta sampai Rp 169,5 juta dan digadang-gadang bakal jadi penerus Splash yang penjualannya kurang menggembirakan di Indonesia. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga menargetkan mobil ini akan mampu terjual sebanyak 2.000 unit perbulannya.

Saat ini, Suzuki Ignis masih berstatus produk CBU (completely built-up) dari India, padahal SIS mampu memproduksinya secara lokal di Indonesia. Nampaknya hal ini dikarenakan basis produksi Ignis untuk pasar Asia Selatan dan Asia Tenggara memang dipusatkan di Gurugram, India. Lantas, adakah kemungkinan SIS akhirnya memproduksi sendiri mobil ini di Indonesia?

Perlu Studi Pasar

Menanggapi hal ini, Donny Saputra, 4W Marketing Director SIS, mengatakan bahwa pihaknya masih melakukan studi pasar hingga saat ini, terutama terkait dengan respon pasar. Jika hasilnya positif dan terindikasi Ignis bisa laris di pasaran Indonesia, maka bukan tak mungkin jika prinsipal Suzuki akhirnya memberikan kesempatan pada SIS untuk memproduksinya sendiri di Indonesia.

JIka mobil ini bisa dirakit secara lokal, akankah harganya lebih murah dari versi CBU? (Foto: Ototaiment)

Melengkapi pernyataan Donny Saputra, 4W Sales Director SIS, Makmur, menyebutkan jika SIS ingin memproduksi Ignis secara lokal, maka pasar segmennya harus sudah mantab lebih dulu, bila sudah terbentuk baru langkah berikutnya mempertimbangkan produksi lokal. Jadi meskipun SIS sudah memiliki fasilitas produksi, namun untuk produksi lokal tetap ada quantitiy khusus. Meski begitu, Makmur belum bisa memberi prediksi harga jika nantinya Ignis bisa dirakit lokal, apakah lebih murah atau justru lebih mahal dari versi CBU seperti yang terjadi pada Mitsubishi Pajero Sport varian CKD.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY