Permohonan Kredit Mobil Anda Ditolak? Mungkin Karena 5 Hal Ini

Permohonan Kredit Mobil Anda Ditolak? Mungkin Karena 5 Hal Ini

385
0
BERBAGI
Berbagai kemudahan seperti kredit saat ini semakin merangsang masyarakat untuk lebih memilih mobil bekas daripada mobil baru (foto : carmudi)

Apakah anda saat ini sedang berencana untuk membeli mobil secara kredit? Atau mungkin anda sudah mengajukan permohonan kredit mobil? Ada beberapa syarat utama yang harus dipenuhi seorang pemohon agar permohonan kreditnya disetujui oleh perusahaan pembiayaan, jadi jika anda adalah salah satu orang yang pernah ditolak permohonan kreditnya, mungkin saja anda tidak melengkapi semua syarat-syaratnya.

Sebenarnya syarat-syarat untuk mengajukan kredit tidaklah sulit, tetapi selain anda harus mampu secara finansial, anda juga harus dituntut jujur dalam mengisi data-datanya. Karena setelah anda mengajukan permohonan, biasanya dari pihak leasing akan mengirim surveyor untuk mencocokkan data tertulis anda dengan kenyataan di lapangan.

Lima Syarat Utama

Untuk bisa menembus permohonan kredit mobil, ada lima syarat utama yang harus anda penuhi, berikut lima syarat utamanya:

Salah satu kekurangan pembayaran dengan cara kredit adalah,harga mobil akan jadi lebih mahal, karena bunga angsurannya. (sumber: Cermati)

DP Minimal 30%
Beberapa tahun yang lalu, ada banyak promo dari dealer atau leasing yang menjanjikan anda bisa membeli mobil secara kredit dengan uang muka yang sangat rendah. Saat ini, hal itu sudah tidak bisa lagi dilakukan, karena sudah ada peraturan dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang mensyaratkan DP minimal 30% dari harga kendaraan. Peraturan ini diterapkan untuk mengurangi risiko kredit macet.

Data Harus Asli
Seperti yang sudah disebutkan di atas, dalam mengisi data-data yang diperlukan, anda dituntut untuk jujur karena pihak survei dari perusahaan leasing tidak akan begitu saja percaya dengan data serta berkas yang Anda berikan. Untuk memastikan, mereka akan melakukan pengecekan secara langsung, dan jika didapati ada data yang dipalsukan, maka kredit akan jelas ditolak.

Pendapatan Harus Cukup
Ini adalah salah satu syarat terpentingnya, yaitu penghasilan utama calon konsumen wajib memenuhi cicilan per bulan. Hitungannya, besar cicilan per bulan tak boleh melebihi 1/3 penghasilan utama. Maka jangan heran jika nantinya tim survei dari pihak leasing akan menghitung berdasarkan data slip gaji yang diberi calon konsumen.

Rekam Jejak Kredit Harus Baik
Setelah melakukan survei tentang penghasilan anda, tim survei leasing juga akan menelusuri rekam jejak alias track record anda. Maksudya, tim survei akan melihat apakah anda punya catatan buruk seperti sering telat bayar cicilan atau pernah memiliki kredit macet. Jika anda memang memiliki rekam jejak yang buruk, maka bisa jadi pengajuan kredit anda akan ditolak. Data rekam jejak anda ini tidak hanya dimiliki oleh perusahaan leasing saja, tetapi data ini dirilis oleh Bank Indonesia. Jadi jika anda punya rekam jejak yang buruk di satu perusahaan leasing, bisa berdampak tak disetujuinya pengajuan kredit walaupun ke perusahaan lain.

Persyaratan tidak lengkap
Anda harus memenuhi syarat-syarat yang diajukan oleh pihak leasing saat anda melakukan pengajuan kredit. Pihak leasing biasanya mewajibkan Anda untuk menyerahkan berbagai dokumen seperti KTP sampai slip gaji sebagai syarat wajib untuk pendataan, dan jika satu saja tak lengkap, maka jangan heran jika proses pengajuan kredit anda akan macet ditengah jalan.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY