Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Bakal Punya Varian Otomatis dan Segera Dibuat Lokal

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Bakal Punya Varian Otomatis dan Segera Dibuat Lokal

423
0
BERBAGI
New Ertiga Diesel Hybrid (Foto: Kompas)

Pada awal 2017 ini, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah meluncurkan Ertiga Diesel Hybrid untuk pasar Indonesia. Sejak awal kemunculannya, mobil berteknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) ini masih berstatus CBU (Completely Built Up) dari India seperti halnya Suzuki Ignis.

Meski begitu, PT SIS telah memberikan sinyal bahwa Ertiga Diesel Hybrid nantinya bakal diproduksi secara lokal, walaupun memang ada sejumlah kondisi yang harus dipenuhi sebelum rencana ini direalisasikan, termasuk dengan studi khusus yang harus dijalani selama beberapa waktu.

Telah Selesai Dikaji

Menurut Donny Saputra, Marketing Director PT SIS 4W, kajian yang diperlukan oleh Suzuki Ertiga Diesel Hybrid telah selesai dilakukan. Ini berarti rencana PT SIS untuk memproduksi Ertiga Diesel Hybrid di Indonesia hanya tinggal menunggu waktu saja. Donny sendiri masih belum mengatakan kapan waktu pasti proses produksi mobil ini akan dimulai.

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid (Foto: indowarta)

Langkah PT SIS untuk melokalkan pembuatan Ertiga Diesel Hybrid nantinya diharapkan bisa memberikan opsi menarik dan menguntungkan bagi para calon konsumen. Untuk saat ini, Ertiga Diesel Hybrid dijual dengan harga Rp 219,5 jutaan OTR Jabodetabek. Jika dibuat lokal, ada dua kemungkinan yang bisa diperkirakan: harganya jadi lebih murah, atau harga tetap / lebih mahal namun fitur lebih lengkap seperti yang terjadi pada Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4×2 Ultimate.

Varian Otomatis

Hal lain yang tak kalah menariknya adalah kabar tentang rencana Ertiga Diesel Hybrid mendapatkan varian bertransmisi otomatis. Saat ini, Ertiga Diesel Hybrid memang baru tersedia dalam varian bertransmisi otomatis saja. Entah kenapa, selama ini Suzuki kerap memilih strategi untuk meluncurkan mobil bertransmisi manual dan otomatis tidak secara bersamaan.

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid bakal dirakit lokal tahun depan? (Foto: Kompas)

Kemunculan Ertiga Diesel Hybrid bertransmisi otomatis ini sudah diungkapkan oleh 4W Marketing Director SIS, Donny Saputra di ajang IIMS 2017 yang baru saja berlalu. Meski tidak menyebutkan tanggal pasti, namun Donny mengaku bakal memanfaatkan event besar seperti IIMS untuk memperkenalkannya. Ini bisa diartikan bahwa varian bertransmisi otomatis akan hadir di GIIAS 2017 bulan Agustus mendatang, baru kemudian disusul Ertiga Diesel Hybrid buatan lokal. Kenapa demikian? Karena Donny mengungkapkan bahwa Ertiga Diesel Hybrid varian otomatis masih akan didatangkan dari India.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY