Ada Civic Turbo dan CR-V Turbo, Mungkinkah Honda Jazz di Indonesia Juga...

Ada Civic Turbo dan CR-V Turbo, Mungkinkah Honda Jazz di Indonesia Juga Kebagian Mesin Turbo?

594
0
BERBAGI
Honda Jazz yang beredar di Indonesia saat ini (Foto: Honda)

PT Honda Prospect Motor (HPM) baru saja meluncurkan All New CR-V di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 yang berakhir 7 Mei kemarin. SUV andalan Honda ini kian spesial, terutama karena penggunaan mesin 1.5 L turbo yang membuatnya memiliki performa yang lebih baik.

Kehadiran mobil ini sekaligus menyusul kemunculan Civic Turbo yang telah meluncur di ajang IIMS tahun lalu. Dengan demikian, saat ini sudah ada dua lini model Honda di Indonesia yang mengusung mesin turbo sebagai salah satu selling point-nya. Lantas, mungkinkah model populer macam Honda Jazz nantinya juga bakal bermesin turbo?

Pertimbangan PPnBM

Pihak HPM mengaku masih membuka peluang untuk kehadiran model baru yang bermesin turbo. Namun ada catatan tersendiri yang perlu diperhatikan, misalnya saja faktor keuntungan dari terpangkasnya Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Melalui hal ini, bisa kita simpulkan bahwa penambahan perangkat turbo dianggap lebih masuk akal jika diberikan pada mobil yang sebelumnya mengusung mesin berkubikasi lebih besar. Sebagai contoh, Civic generasi terdahulu menggunakan mesin 1.8 L sebelum akhirnya digantikan mesin 1.5 L turbo. Begitu pula yang terjadi pada CR-V yang sebelumnya bermesin 2.4 L kini mendapatkan mesin 1.5 L turbo.

Mesin 1.5 L turbo di All New CR-V

Penggunaan mesin turbo pada kedua model tersebut dirasa merupakan langkah yang tepat, karena baik Civic maupun CR-V kini kena tarif PPnBM yang lebih rendah dari sebelumnya berkat penggunaan mesin berkubikasi lebih kecil. Hal ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 41 tahun 2013 tentang barang kena pajak yang tergolong mewah berupa kendaraan bermotor yang dikenai pajak penjualan atas barang mewah. Dengan turunnya beban pajak tersebut, maka HPM bisa menekan kenaikan harga pada Civic dan CR-V terbaru.

Belum Akan Diterapkan pada Honda Jazz

Meski dirasa menguntungkan, namun HPM tak serta merta akan menghadirkan model bermesin turbo begitu saja. Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Purna Jual HPM, mengatakan bahwa mesin 1.5 turbo yang saat ini dimiliki Honda akan dirasa kurang menguntungkan jika digunakan pada model berkapasitas sejenis atau di bawahnya. Ini berarti model macam Jazz nampaknya masih belum punya peluang untuk hadir dengan mesin turbo.

Di Jepang, Honda Jazz sudah akan mendapatkan facelift dan punya mesin Hybrid (Foto: Paultan)

Menurut Jonfis, jika dengan mesin kapasitas yang sama lalu ditambah turbo, harga jualnya bisa naik sekitar Rp 50 – 60 juta. Jadi meskipun teknologinya memang ada, tapi HPM masih belum memikirkan untuk mengaplikasikannya ke semua model.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY