Terkait Produksi Suzuki Ignis di Indonesia: Masih Jadi Pembicaraan dengan Prinsipal

Terkait Produksi Suzuki Ignis di Indonesia: Masih Jadi Pembicaraan dengan Prinsipal

640
0
BERBAGI
Peluncuran Ignis untuk daerah Yogyakarta - Kedu - Banyumas. (foto: Ototaiment)

Sejak kemunculannya pada bulan April lalu, nama Suzuki Ignis masih terus menjadi perhatian bagi masyarakat Indonesia. City car yang diklaim Suzuki sebagai Urban SUV ini memang punya banyak nilai jual yang menarik, mulai dari desain yang unik hingga harga jual yang tak jauh berbeda dengan mobil jenis LCGC (Low Cost Green Car).

Meski begitu, mobil ini tidaklah diproduksi secara lokal seperti sejumlah mobil Suzuki lainnya yang ada saat ini di Indonesia, melainkan buatan India. Melihat respon pasar yang cukup antusias, banyak kalangan yang mempertanyakan kemungkinan mobil ini untuk diproduksi secara lokal. Hal ini dianggap lebih menguntungkan ketimbang harus mendatangkannya secara impor.

Masih Menjadi Diskusi dengan Pihak Prinsipal

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sendiri mengaku siap jika nantinya harus memproduksi mobil ini secara lokal. Sayangnya, untuk bisa memuluskan langkah itu, SIS harus menjalani sejumlah prosedur yang ditentukan oleh prinsipal Suzuki di Jepang. Sebagai informasi Anda, saat ini perakitan Suzuki Ignis untuk pasar Asia Selatan dan Asia Tenggara memang dipusatkan di Gurugram, India.

Suzuki Ignis punya peluang untuk dirakit secara lokal. Kapan? (Foto: Ototaiment)

Menurut Deputy Managing Director SIS (4W), Setiawan Surya, produksi lokal Suzuki Ignis sedang dalam penjajakan dan pantauan ketat. Artinya, jika selama beberapa periode angka penjualannya stabil, maka keinginan untuk melokalkan Ignis bisa segera diwujudkan. Setiawan mengungkapkan bahwa dengan merakit Ignis secara lokal, maka bisa turut menyerap tenaga kerja dan memaksimalkan kapasitas pabrik mereka. Dirinya menambahkan, SIS mengaku siap untuk memproduksi sebanyak 3.000 unit Ignis secara lokal, namun pihak prinsipal menginginkan target sebanyak 5.000-an unit. Jadi, kita nantikan saja kepastian produksi Ignis secara lokal, apakah bisa terealisasi atau tidak.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY