Toyota Land Cruiser Bisa Lari 370 Km/Jam? Wow!

Toyota Land Cruiser Bisa Lari 370 Km/Jam? Wow!

314
0
BERBAGI
(foto: Motor1)

Baru-baru ini beredar sebuah video di YouTube yang menampilkan sebuah SUV legendaris keluaran pabrikan Jepang, Toyota Land Cruiser, yang berhasil mencatatkan rekor kecepatan baru. Toyota Land Cruiser ini tentu saja tidak dalam kondisi standar, karena mobil ini telah dimodifikasi besar-besaran. Catatan kecepatan yang berhasil diraih mobil ini secara tidak resmi mengklaim gelar mobil SUV tercepat di dunia. Mobil yang diciptakan oleh Motorsports Technical Center dan ditampilkan pada ajang SEMA show 2016 di Las Vegas, Amerika Serikat tersebut berhasil mencapai kecepatan 370,18 km/jam.

Kecepatan puncak tersebut mengalahkan rekor sebelumnya, 340 km/jam yang berhasil dicatatkan oleh Mercedes-Benz GLK bermesin V12 6.300 cc twin turbo dengan tenaga 552 kW dan torsi 1349 Nm yang dimodifikasi oleh Brabus. Land Cruiser berwarna hitam itu dikendarai oleh seorang pengemudi NASCAR yang baru saja pensiun bernama Carl Edwards di lintasan sepanjang 4 kilometer di Mojave Air and Space Port di California.

Mesin Bawaan, Tenaga Liar

Walau sudah mendapat banyak ubahan, tapi mobil tersebut tetap masih menggunakan mesin standar bawaan pabrik, yaitu mesin V8 berkapasitas 5.700 cc. Tambahan yang paling terlihat di bagian mesinnya adalah adanya dua turbocharger merk Garrett yang katanya besarnya seukuran bola voli. Perangkat turbo ini dikabarkan bisa menghasilkan tekanan hingga 55 psi. Untuk bisa mengimbangi semua tekanan tambahan tersebut, bagian mesin pun harus dikuatkan secara internal, antara lain dengan mengubah seperangkat piston yang lebih kuat dan intake manifold yang disesuaikan. Setelah berhasil mendapat power mesin yang besar, bagian transmisi pun juga harus mendapat penyesuaian. Kabarnya, transmisi balap khusus dipasang untuk bisa menyalurkan power mesin yang sangat besar tersebut.

Setelah rampung dengan urusan mesin dan transmisi, hal lain yang harus dipikirkan adalah bagaimana caranya mobil ini bisa mengimbangi mesin liarnya dan dibawa berlari dengan kecepatan setinggi-tingginya. Toyota akhirnya harus mengubah suspensi Land Speed Cruiser itu dengan menggunakan suspensi yang lebih rendah untuk mengurangi turbulensi angin di bagian bawah kendaraan. Rangka juga dipersempit 3 inci guna mengakomodasi ban Michelin Pilot Super Sport yang berukuran lebar. “Pada kecepatan 362 km per jam, mobil tersebut menjadi sedikit liar. Yang saya pikirkan adalah Craig yang berujar ‘Apapun itu, kaki Anda tetap di pedal’ dan kami mencapai 370 km per jam,” kata seorang juru bicara Toyota seperti dilansir laman Car Advice.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY