Penjualan Mobil Naik Pesat, Industri Otomotif India Memikat Banyak Investor

Penjualan Mobil Naik Pesat, Industri Otomotif India Memikat Banyak Investor

319
0
BERBAGI
Kapan Datsun GO-Cross ini meluncur di Indonesia? (Foto: Inautonews)

Industri otomotif India beberapa tahun belakangan ini menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Penjualan mobil penumpang menunjukkan pertumbuhan yang pesat dan merupakan terbesar kelima. Penjualannya menembus angka di atas tiga juta unit pada tahun fiskal yang berakhir 31 Maret 2017. Imbas positif dari adanya pertumbuhan di dunia industri otomotif ini adalah India menjadi salah satu negara tujuan investasi utama para produsen otomotif global. Sejumlah pabrikan mobil dikabarkan akan menggelontorkan dana besar-besaran, berkisar USD 8 – USD 10 miliar atau sekitar Rp 133,5 triliun untuk pabrik dan perluasan produksi. Investasi itu dilakukan secara bertahap hingga empat tahun ke depan, sehingga India diklaim menjadi negara terbesar ketiga dunia di industri otomotif.

Dengan rencana investasi besar-besaran para pabrikan otomotif global itu, tentunya akan semakin memperkuat industri otomotif Negeri Hindustan tersebut. Investasi tersebut dikabarkan bisa meningkatkan produksi mobil menjadi 1,3 – 1,5 juta unit per tahun, dan akan menyerap 20 ribu- 25 ribu orang pekerja. Kapasitas produksi mobil penumpang di India saat ini diperkirkaan mencapai lebih dari 5,5 juta unit. Beberapa produsen otomotif bahkan menjadikan India sebagai basis ekspor.

Tidak Mau Kalah, Suzuki Makin Agresif

Sejumlah pabrikan mobil yang telah menyatakan komitmen untuk meningkatkan investasi yakni Fiat, Hyundai Motor dan anak usahanya Kia Motors, SAIC Motor (perusahaan otomotif China), Changan & Beiqi Foton, dan Suzuki Motor Corp lewat anak perusahanya di India, Maruti Suzuki.

Mobil konsep Ciaz keluaran Maruti Suzuki yang ditampilkan selama India Auto Expo di Greater Noida. (foto: Carscoops)

Untuk mengembangkan usahanya di India, Suzuki Motor Corp sangat agresif untuk meningkatkan investasi. Hal ini tak terlepas dari pertumbuhan anak usaha Maruti Suzuki yang sangat signifikan. Dalam lima tahun terakhir, pertumbuhan Maruti Suzuki di atas satu tingkat dibandingkan perusahaan otomotif yang beroperasi di India. Lantas, apakah ini bakal jadi pertanda bahwa model-model terbaru Suzuki di Indonesia akan kembali didatangkan dari India seperti Ignis dan Ertiga Diesel karena adanya pemusatan produksi? Kita nantikan saja perkembangannya.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY