BMW Ternyata Sudah Suntik Mati Seri 6 Coupe

BMW Ternyata Sudah Suntik Mati Seri 6 Coupe

297
0
BERBAGI
BMW 640i Coupe lansiran tahun 2011. (Foto: AutoGuide)

Dengan munculnya banyak mobil baru yang diluncurkan oleh pabrikan, maka konsekuensinya adalah harus ada produk terdahulunya yang dihilangkan. Hal ini disebabkan karena manufaktur punya alasan tersendiri yang dinilai baik untuk kesehatan bisnisnya. Salah satu perusahaan yang melakukan hal itu adalah BMW. Menurut berita yang dimuat situs Road and Track, diam-diam BMW menghentikan produksi seri 6 Coupe sejak Februari 2017 lalu. Namun bukan berarti mobil coupe idola itu langsung lenyap dari jalanan dan penjualan, karena mobil ini hanya dihentikan produksinya, sementara sisa stok produksilah yang sampai saat ini masih dijual.

Walau pihak BMW pun sudah resmi membenarkan berita ini, sayangnya hingga saat ini belum ada informasi lainnya soal alasan dan rencana ke depannya. Informasi yang ada hanyalah untuk model seri 6 gran coupe dan convertible-nya masih dilanjutkan, walau juga belum ada kejelasan, apakah mobil ini akan ada kelanjutannya atau dihentikan seperti varian coupe-nya. Data penjualan seri 6 coupe pun tidak dirilis oleh BMW, hal inilah yang menjadi sangkaan media-media otomotif internasional yang menjadi penyebab dihentikannya produksi mobil ini.

Hilangkan Seri 6 Coupe untuk Seri 8?

Selain angka penjualan, rumor lainnya yang beredar adalah BMW mau membuka jalan untuk model baru, seri 8 yang sudah beredar foto-foto spyshot pengujiannya. Selain itu, ada rumor lain yang mengatakan seri 6 akan dilanjutkan melalui link seri 5 GT hatchback. Berhentinya produksi BMW seri 6 coupe berarti mengurangi pilihan di segmen premium mid-size coupe. Konsumen yang berminat pada BMW seri 6 coupe nantinya harus melihat brand lain seperti Mercedes-Benz dan Audi yang menawarkan produk coupe seukuran itu, atau mungkin berganti ke seri yang lebih tinggi atau lebih rendah.

BMW 6 Series Gran Coupe: mobil 4 pintu dengan gaya 2 pintu yang berhasil menggeser popularitas mobil 2 pintu. (foto: BMW USA)

BMW seri 6 coupe menggunakan mesin 6 silinder 3.000 cc dengan twin-scroll turbocharger. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga maksimal 316 PS pada rentang 5.800 – 6.000 rpm dan torsi puncak 450 Nm pada 1.300 – 4.500 rpm, yang kemudian disalurkan ke roda belakang. BMW seri 6 coupe menjadi populer karena desainnya yang sporty-elegan, serta seimbang dengan performa tenaganya. Di Indonesia sendiri, BMW seri 6 coupe ditawarkan dalam satu pilihan saja, yakni BMW 640i Coupe.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY