Mengenaskan, Renault Duster Buatan India Raih 0 Bintang di Global NCAP

845
0
BERBAGI

Belakangan ini, banyak pabrikan otomotif dunia yang melirik India sebagai basis produksi beberapa model kendaraan mereka. Tentu saja banyak pertimbangan yang membuat para produsen tersebut memilih India sebagai salah satu basis produksi mereka, termasuk dengan ongkos produksi yang lebih murah. Masalahnya, apakah dengan ongkos produksi yang murah tersebut konsumen akan mendapatkan kualitas yang setara dengan sebuah produk bikinan negara asalnya?

Hasil tes tabrak pada Renault Duster buatan India mungkin bisa jadi jawabannya. Mobil yang dikenal juga sebagai Dacia Duster di Eropa ini mengalami kegagalan saat menjalani uji tabrak Global NCAP, dimana Renault Duster buatan India tidak meraih skor sama sekali alias mendapat predikat 0 bintang karena faktor keamanannya mengenaskan.

Menimpa Banyak Mobil Lainnya

Skor 0 bintang yang didapatkan oleh Duster buatan India dikarenakan mobil tersebut tidak dilengkapi fitur keamanan yang mumpuni. Misalkan saja, mobil ini mendapatkan kantung udara yang dinilai terlalu kecil sehingga tak layak dan tak mampu menahan kepala pengemudi dari benturan terhadap setir jika terjadi kecelakaan. Coba bandingkan dengan Duster buatan Amerika Selatan yang berhasil meraih skor 4 bintang berkat penggunaan kantung udara yang sesuai.

Renault Duster di Global NCAP (Foto: Youtube)

Melansir pernyataan sejumlah media otomotif Eropa, mobil-mobil buatan India hampir selalu punya masalah yang sama terkait fitur keamanan. Biasanya, mereka akan menawarkan fitur keamanan standar dua buah kantung udara. Sayangnya, ada beberapa produsen yang tidak memberikan kantung udara dengan spesifikasi yang layak di mobil buatannya seperti yang terjadi pada Renault Duster India tersebut.

UN Road Safety Week

 

Kasus skor 0 bintang yang terjadi pada Renault Duster tersebut disebut bisa jadi masalah baru dalam pertemuan UN Road Safety Week menurut Sekjen Global NCAP, David Ward. Hal ini dikarenakan meski Renault memproduksi Duster di beberapa negara lain, namun mereka tidak mewajibkan produsen untuk memproduksi versi yang sama soal keamanan.

Sayangnya masih banyak mobil buatan India lainnya yang nampaknya bakal mendapat predikat 0 bintang (Foto: Youtube)

Ironisnya, mulai tahun ini India sebenarnya mulai mengadopsi ketentuan tes dan kualitas dari UN, termasuk perkara tahan benturan dari depan dan samping. Sayangnya masih banyak mobil murah buatan India yang nampaknya masih akan terus mempertahankan untuk tidak menggunakan kantung udara demi mempertahankan status murahnya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY