Toyota C-HR Baru Saja Diperkenalkan di Malaysia, Kapan Resmi Meluncur?

Toyota C-HR Baru Saja Diperkenalkan di Malaysia, Kapan Resmi Meluncur?

585
0
BERBAGI
Toyota C-HR Hybrid Concept di GIIAS 2016 (Foto: Ototaiment)

Ditengah desas-desus tentang perilisan Toyota C-HR di Indonesia yang hingga saat ini masih belum menemui kejelasannya, pada hari Sabtu (13 Mei 2017) lalu Toyota Malaysia malah baru resmi memperkenalkan Toyota C-HR. Compact SUV ini didatangkan oleh UMW Toyota yang merupakan pemegang merek Toyota di Malaysia. Kehadiran C-HR ini hanya sebagai unit pameran sekaligus official preview ke konsumen di Kuala Lumpur. Setali tiga uang dengan Indonesia, sampai saat ini belum ada indikasi kuat mengenai peluncurannya di pasar otomotif Malaysia, demikian dilansir dari Paultan.org.

Toyota Indonesia sendiri sudah lebih dulu memperkenalkan Toyota C-HR dengan memamerkannya di booth Toyota saat event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) bulan Agustus 2016 yang lalu. Menurut data, C-HR di Malaysia hadir dengan mesin berkode 8NR-FTS berkapasitas 1.200 cc empat silinder yang sudah dilengkapi turbocharger. Di atas kertas, SUV ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 115 Ps dan torsi sebesar 185 Nm ke roda depan melalui transmisi CVT. Toyota juga menyediakan beberapa pilihan mesin untuk C-HR, mulai dari 2.000 cc naturally aspirated (NA) dan mesin hybrid 1.800 cc yang sudah dipasarkan di Jepang. Namun untuk pasar ASEAN sendiri belum ada kepastian mesin mana yang akan digunakan.

Di Batam Sudah Beredar

Walaupun belum resmi diuncurkan di Indonesia, uniknya Toyota C-HR ini malah sudah dijual di sebuah showroom yang dimiliki oleh perusahaan importir umum. Lucu ya? Bahkan Toyota Astra Motor sebagai pemegang merek Toyota di Indonesia saja belum resmi merilis, tetapi sudah ada importir umum yang berani mendatangkannya. Hal ini disebabkan karena Batam adalah daerah free trade zone, yang memiliki keuntungan bebas dari Bea Masuk, Pajak Pertambahan Nilai, Pajak Penjualan atas Barang Mewah, dan Cukai. Wah! Jadi secara tidak langsung bisa disimpulkan bahwa kendaraan ini hanya bisa dijual bebas di Batam saja, karena jika dijual keluar Batam maka akan tetap dikenakan semua biaya tambahan tersebut yang tentu saja akan menjadikan mobil ini berharga sangat tinggi.

Toyota C-HR di showroom yang dimiliki oleh Importir Umum di Batam Kepulauan Riau. (foto: Autonetmagz)

Dari foto-foto yang dirilis oleh Autonetmagz, dapat dilihat bahwa kemungkinan besar mobil ini berasal dari Jepang langsung. Hal ini mungkin saja terjadi, mengingat jalur kapal ekspor-impor yang mengangkut komoditi otomotif dari Jepang biasanya akan melewati Selat Malaka yang tidak jauh dari Batam. Sayangnya belum ada keterangan mengenai spesifikasi detailnya yang menunjukkan apakah mobil tersebut memang benar-benar spek Jepang atau bukan. Jika anda adalah salah satu orang yang sedang menunggu-nunggu kehadiran C-HR, maka anda masih harus bersabar lagi menunggu perilisan resminya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY