Pasar Eropa Lesu, Penjualan Mobil Bulan April Anjlok

Pasar Eropa Lesu, Penjualan Mobil Bulan April Anjlok

177
0
BERBAGI
VW Passat, salah satu model yang dihentikan produksinya karena minim permintaan (foto : Car Advice)

Penjualan mobil di benua Eropa sepanjang bulan April 2017 mencatatkan angka total sebanyak 1,23 juta unit atau turun 6,8% dibandingkan Periode yang sama tahun 2016 lalu. Pada bulan April 2016, Asosiasi Industri Otomotif Eropa (ACEA) berhasil mencatat sebanyak 1,32 juta unit penjualan. Lesunya permintaan merk mobil terlaris Eropa, Volkswagen (VW), berkurangnya hari kerja akibat libur Paskah dan anjloknya penjualan di Inggris hingga dua digit ditengarai menjadi faktor-faktor utama perlambatan performa otomotif di benua Eropa pada bulan April 2017.

April menjadi bulan pertama sepanjang tahun 2017 yang performa penjualannya mengalami penurunan. Hal ini membuat total pasar otomotif seluruh Eropa sepanjang caturwulan pertama 2017 hanya mengalami pertumbuhan sebanyak 4,5% di tingkat 5,49 juta unit. Penjualan VW pada April turun 14%, yang diikuti tren perlambatan performa sebesar 3,3% dari Renault, yang merupakan merk terlaris kedua, sementara Vauxhall dan Opel juga turun 13,1%.

Toyota dan Kia Malah Meningkat

Hampir semua merk mobil penjualannya turun pada bulan April 2017, kecuali Toyota dan Kia yang masing-masing malah mengalami peningkatan 5,4% dan 8,1%. Di sisi lain, dari sebaran wilayah dua pasar otomotif terbesar di Eropa, Jerman dan Inggris, juga memperlihatkan penurunan penjualan, masing-masing dengan 8% dan 19,8%.

Mobil-mobil diesel VW di Amerika yang bermasalah ditempatkan di area Pontiac Siverdome (Foto: Youtube)

Di antara pasar-pasar utama otomotif Eropa, hanya Spanyol yang mengalami kenaikan, itu pun tipis di angka 1,1%, sedangkan Prancis turun 6% dan Italia melambat 4,6%. Menurunnya penjualan mobil yang dimiliki oleh pabrikan Eropa mungkin saja terjadi karena menurunnya popularitas akibat adanya beberapa kasus yang dialaminya. Seperti dieselgate yang dialami oleh VW, hingg tuntutan dari beberapa negara terhadap Fiat akibat tidak tepatnya pengukuran emisi kendaraan yang dilakukan oleh Fiat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY