5 Faktor Peyebab Airbag Tidak Mengembang

698
0
BERBAGI

Selain seatbelt, salah satu fitur kemanan yang utama di dalam suatu mobil adalah airbag. Selama ini banyak pengguna mobil yang mengeluh bahwa airbag mobilnya tidak mau mengembang saat terjadi tabrakan, sehingga mengklaim adanya kerusakan pada perangkat airbag-nya. Tetapi apakah anda tahu bahwa tidak mengembangnya airbag bukan selalu berarti perangkat airbag anda rusak? Lalu sebenarya apa saja sih faktor-faktor yang menyebabkan airbag tidak mau mengembang saat terjadi tabrakan?

1. Tidak Menggunakan Seatbelt

Airbag merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dengan seatbelt. Pada kebanyakan mobil, seatbelt dan airbag bekerja bersamaan karena terdapat sensor pada seatbelt. Jadi ketika seatbelt tidak dipakai, maka sensor tidak akan mengirim sinyal pada perangkat airbag untuk mengembang saat terjadi tabrakan.

2. Berjalan Pelan

Salah satu syarat agar airbag mengembang saat terjadi tabrakan yaitu kecelakaan terjadi saat kendaraan melaju dengan kecepatan di atas 30 kilometer per jam. Karena saat kendaraan melaju di bawah kecepatan itu, energi yang dihasilkan oleh kondisi di atas tidak cukup kuat memicu airbag untuk bekerja.

3. Menabrak Benda yang Bergerak

Airbag bisa mengembang saat terjadi tabrakan pada mobil yang melaju dengan kecepatan di atas 30 km per jam, dengan catatan benda yang ditabrak diam. Kalau bergerak, tenaga saat tabrakan disalurkan ke benda yang bergerak, sehingga sensor airbag tidak bekerja. Umumnya airbag bekerja dengan kecepatan 0,03 detik alias lebih cepat dari kedipan mata. Inilah alasan kenapa beberapa orang merasa airbag dalam mobilnya tak mengembang, padahal baru saja mengalami tabrakan cukup keras.

4. Sudut Tabrakan Lebih dari 30 Derajat

Untuk bisa mengembang, sudut tabrakan tidak lebih dari 30 derajat pada kanan atau kiri depan kendaraan. Jadi jika benturan frontal terjadi dari arah depan kiri atau kanan dalam sudut lebih dari 30 derajat, maka airbag tidak akan mengembang. Maka bisa dikatakan jika airbag hanya akan mengembang saat terjadi tabrakan frontal dari depan.

5. Tidak Menabrak Seluruh Bagian Depan Mobil

Selain beberapa kondisi di atas, terdapat juga penyebab lain airbag tidak mengembang saat terjadi kecelakaan. Misalnya saat mobil menabrak tiang listrik, pohon, atau pilar tepat di tengah bagian depan mobil. Hal ini tidak akan bisa mengembangkan airbag karena disebabkan letak sensor yang berada di sebelah kiri dan kanan bagian depan mobil. Selain itu kecelakaan yang disebabkan tabrakan dari arah samping dan belakang juga tidak akan mengembangkan airbag, jika mobil hanya dilengkapi 2 airbag di bagian depan saja.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY