Terlalu Lama Membiarkan Mobil Diam, Bensin Bisa Kadaluarsa!

Terlalu Lama Membiarkan Mobil Diam, Bensin Bisa Kadaluarsa!

353
0
BERBAGI
Pertamina ingin kejar standar Euro5 (Foto: kolesa)

Jika anda mempunyai mobil kesayangan, bahkan sampai-sampai jarang anda pakai karena anda terlalu sayang, sebaiknya jangan mendiamkannya terlalu lama dengan sisa bensin di tangkinya. Bukan hanya makanan yang bisa basi, bensin pada kendaraan yang didiamkan terlalu lama pun bisa basi. Tidak perlu waktu lama, dalam jangka waktu satu bulan saja, jika bensin di tangki belum terganti, bisa menyebabkan penurunan kualitas bensinnya.

Lalu apa akibatnya jika bensin mobil anda sudah kadaluarsa? Yang pasti, bensin ini bisa berpotensi membuat mesin anda bermasalah. Bensin yang sudah buruk kualitasnya, saat terhisap fuel pump bisa mengotori jalur bensin, merusak fuel pump, dan yang lebih buruk lagi bisa membuat masalah di dalam ruang bakar mesin anda. Hal ini disebabkan karena kualitas bensin yang sudah memburuk tidak akan bisa dibakar secara optimal di ruang bakar mesin mobil anda.

Bereaksi dengan Logam di Tangki Bensin

Kenapa bensin ini bisa kadaluarsa? Selain karena terjadi penguapan, zat kimia pada bensin tersebut juga bisa bereaksi terhadap unsur logam pada tangki. Inilah yang kemudian bisa mengkontaminasi bensin, dan memperburuk kualitasnya. Belum lagi jika ada debu yang masuk, kotoran-kotoran yang lain, dan juga sinar matahari langsung jika mobil anda diparkir di ruang terbuka. Jika mobil terkena sinar matahari langsung, maka akan menyebabkan penguapan pada bensin yang kemudian menimbulkan uap air dan tercampur lagi pada bensin itu sendiri.

Diagram alur bahan bakar di sebuah mobil standart. (sumber: Modifikasi)

Sebaiknya jika anda memang jarang memakai mobil anda, paling tidak harus sering-sering anda panasi mesinnya agar bensin yang ada di tangki bisa terpakai dan habis. Dengan demikian maka anda bisa menggantinya dengan bensin yang baru, tidak perlu menunggu terlalu lama. Jika bensin mobil anda terlanjur kadaluarsa, maka ada baiknya anda segera menguras dan membersihkan tangkin bensin mobil anda.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY