Proton Iriz Bakal Ramaikan World Rally Championship

Proton Iriz Bakal Ramaikan World Rally Championship

377
0
BERBAGI
Proton Iriz R5 akan turun di WRC2 tahun depan (Foto: Proton)

Kabar menarik datang dari pabrikan asal Malaysia, Proton, yang disebut bakal kembali meramaikan ajang reli dunia World Rally Championship (WRC) tahun depan. Model mobil yang digunakan untuk turut serta di ajang ini adalah Proton Iriz R5 yang dibangun oleh rumah modifikasi asal Inggris, MEM.

Mobil ini akan mendapat sejumlah penyesuaian dan disebut bakal ambil bagian di kelas WRC2. Menggunakan mesin 1.600 cc yang juga digunakan oleh Mitsubishi Evo Lancer X, mobil ini menarik minat pihak MEM karena memiliki bobot yang lebih ringan dari Mitsubishi Evo dan punya kontur body yang dinamis.

 

Ubahan MEM

Untuk membuat Proton Iriz R5 layak turun di WRC2, MEM akan memberikan sejumlah penyesuaian, mulai dari penggunaan transmisi Xtrac, damper Reiger, rem Brembo dan ECU dari Cosworth. Selain itu masih perlu banyak uji coba dan pengembangan lainnya sebelum mobil ini menjalani debutnya di Goodwood Festival of Speed bulan depan.

Proton di ajang reli terakhir yang diikutinya (Foto: autosport)

Hubungan kerja antara Proton dengan MEM ini bukan yang pertama, karena keduanya juga sudah pernah terlibat dalam proyek mobil reli Satria yang meraih podium di Intercontinental Rally Challenge, menjuarai kelas Super 2000 WRC (kini WRC2), dan menjadi juara umum Reli Asia-Pasifik.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY