Kenguru, Mobil Khusus Penyandang Disabilitas

687
0
BERBAGI

Siapa bilang hanya orang normal saja yang diperbolehkan untuk memiliki mobilitas yang tinggi? Walaupun seseorang menyandang disabilitas dan terpaksa mengenakan kursi roda, namun ini tak menjadi halangan lagi karena ada kendaraan yang dirancang khusus untuk mengakomodasi kebutuhan khusus tersebut.

Hal inilah yang coba ditawarkan oleh Kenguru, sebuah mobil listrik lansiran perusahaan asal Hungaria bernama Rehab yang mencoba untuk menghadirkan mobil khusus bagi mereka yang mobilitasnya ditopang oleh kursi roda. Seperti apakah mobil yang dimaksud ini?

Cangkang Khusus

Secara sederhana, Kenguru EV merupakan sebuah cangkang khusus bagi kursi roda karena hanya memiliki satu pintu dibagian belakangnya yang digunakan untuk tempat masuk kursi roda dan pengunanya. Mobil listrik ini sudah dipasarkan di Amerika dan Eropa sejak tahun 2012 dan berfokus pada gagasan untuk memberikan kebebasan beraktivitas dan mencapai kemandirian mobilitas bagi para penyandang disabilitas. Mobil ini memiliki kecepatan puncak 45 km per jam dan dapat menempuh jarak 70-110 km dalam sekali pengisian baterai.

Mobil ini berfungsi sebagai semacam cangkang bagi kursi roda dan pengendaranya (Foto: Autoblog)

Selama ini, Kenguru EV diproduksi secara handmade. Sayangnya saat ini sang produsen mengalami kendala pada dana sehingga perlu untuk segera mencari investor jika ingin produksi mobil ini terus berlangsung. Walau demikian, menurut Stacy Zoern, CEO Texas Community Cars, perusahaan yang ada di belakang Kenguru saat ini, pihaknya akan segera melepas model baru berbasis joy stick dengan harga USD 25 ribu atau sekitar Rp 333 jutaan.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY