Dinilai Gagal, CEO Ford Dipecat

Dinilai Gagal, CEO Ford Dipecat

262
0
BERBAGI
Mark Fields dihentikan dari jabatan CEO Ford (Foto: Grejeen Business)

Belakangan ini, kita masih saja mendengar berita-berita tak sedap yang muncul dari pabrikan otomotif asal Amerika Serikat, Ford. Setelah dilanda krisis yang mengakibatkan beberapa pabriknya tutup dan terpaksa merumahkan puluhan ribu karyawannya di seluruh dunia, kini giliran Chief Executive Officer (CEO) Ford Motor Co., Mark Fields, yang resmi dipecat,

Fields dianggap kurang cakap, bahkan jika dibandingkan dengan pendahulunya, Alan Mulally. Posisi Fields akan digantikan oleh Head of Smart Mobility Ford, James P. Hackett. Keputusan ini diambil setelah diadakan pertemuan dari Executive Chairman, Bill Ford, dan anggota dewan lainnya.

Kegagalan di Berbagai Lini

Sebenarnya tidak mengherankan jika pada akhirnya Ford memilih untuk mengganti tampuk pemegang jabatan strategisnya itu. Seperti kita tahu, Ford mulai kehilangan pangsa pasar beberapa tahun terakhir. Imbasnya, Ford bahkan tak mampu meyakinkan investor untuk menanamkan modalnya pada mereka yang mengakibatkan harga saham Ford turun hingga 40 persen. Inilah salah satu hal yang membuat Ford mengambil keputusan untuk merumahkan 20 ribu karyawannya di seluruh dunia.

20 ribu pekerja Ford yang di PHK setara dengan 10 persen dari total pekerja Ford di seluruh dunia (Foto: motortrend)

 

Kegagalan Ford ini berbanding terbalik dari apa yang dijanjikan Fields saat mempresentasikan laporan perusahaan kepada pemangku bisnis pada 11 Mei lalu. Saat itu, Fields mengatakan bahwa Ford mampu bersaing, sekaligus menapakkan satu kaki di masa depan dengan teknologi yang tinggi. Ford memang telah mencoba untuk mengembangkan sejumlah teknologi tinggi untuk masa depan, namun tetap saja hingga kini Ford masih kehilangan pangsa pasar yang cukup signifikan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY