Mobil Legendaris Mitsubishi Kembali Dihidupkan untuk Rayakan Ultah ke-100

Mobil Legendaris Mitsubishi Kembali Dihidupkan untuk Rayakan Ultah ke-100

425
0
BERBAGI
Mitsubishi Model-A (Foto: fitmycar)

Untuk merayakan momentum istimewa, para pabrikan otomotif biasanya melansir sebuah produk istimewa. Jika BMW merayakan ulang tahunnya yang ke-100 lalu dengan meluncurkan mobil-mobil konsep futuristik, bagaimana dengan Mitsubishi yang baru akan menyambut hari jadinya yang ke-100?

Berbeda dari BMW, Mitsubishi justru memilih untuk menghidupkan kembali salah satu mobil legendarisnya, Model-A. Mobil antik ini diciptakan tahun 1917 dan telah dianggap sebagai kendaraan revolusioner bagi perkembangan Mitsubishi. Maklum, tadinya Mitsubishi dikenal sebagai perusahaan galangan kapal sebelum beralih jadi produsen mobil di tahun 1907.

Dibangun oleh West Coast Custom

Selain menjadi mobil pertama yang diproduksi massal oleh pabrikan mobil di Jepang, Mitsubishi Model-A juga menjadi mobil incaran orang berduit di Jepang pada masanya. Walaupun dibuat massal, jangan lantas membayangkannya dibuat dengan jumlah banyak seperti mobil-mobil jaman sekarang, karena faktanya mobil ini hanya dibuat sebanyak 22 unit antara tahun 1917 hingga 1921. Sayangnya, saat ini tidak diketahui lagi siapa saja yang masih memiliki keduapuluhdua mobil tersebut.

West Coast Custom jadi pihak yang bertanggungjawab pada reinkarnasi Model-A (Foto: Youtube)

Atas dasar nilai historis itulah Mitsubishi memutuskan untuk menghidupkan kembali mobil ini. Mitsubishi memanfaatkan fasilitas produksi di pabean Pantai Barat di Burbank, California, Amerika Serikat, dengan menggandeng rumah modifikasi ternama yang kondang berkat acara televisi Pimp My Ride. Yak, siapa lagi kalau bukan West Coast Custom (WCC)! Berhubung WCC-lah yang menggarap mobil ini, maka wajar jika kita penasaran dengan hal spesial apa yang akan mereka berikan untuk mobil ini, bukan?

Platform Outlander PHEV

WCC memang tak mau mengerjakan mobil ini secara biasa-biasa saja. Untuk itulah mereka memilih platform Mitsubishi Outlander Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) sebagai basis mobil ini. Bayangkan, mobil lansiran tahun 1900-an dihidupkan dengan basis mobil era milenial! Selain urusan arsitektur mobil, fitur-fitur canggih juga bakal ditanamkan pada mobil ini. Hal ini dikarenakan Mitsubishi menginginkan Model-A hasil reinkarnasi ini bisa digunakan di jalan raya layaknya model-model terbaru Mitsubishi saat ini.

Mobil ini akan dibangun dengan platform Outlander PHEV (Foto: Youtube)

Sayangnya, tidak diketahui mesin apa yang akan dibenamkan ke dalam ruang mesin. Jika menilik pada spesifikasi orisinilnya, Mitsubishi Model-A menggunakan mesin berkapasitas 2,8 liter empat silinder bertenaga 35 hp. Basis arsitektur kendaraannya pun sebenarnya menggunakan platform yang sama dengan Fiat Tipo 3 dan merupakan hasil pemikiran Koyata Iwasaki, presiden Mitsubishi keempat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY