All New Kia Rio Menampakkan Diri di Yogyakarta

All New Kia Rio Menampakkan Diri di Yogyakarta

626
0
BERBAGI
Peluncuran Kia Rio terbaru di Yogyakarta (Foto: Ototaiment)

Setelah sebelumnya diperkenalkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 pada bulan April lalu, All New Kia Rio kini mulai menampakkan dirinya di kota-kota lain di seluruh Indonesia. Kia Sumber Baru Perkasa sebagai main dealer Kia di Yogyakarta pun resmi memperkenalkan generasi keempat Rio tersebut pada hari ini, Rabu (24/5) bertempat di Jogja City Mall.

Seperti yang sudah pernah kami ulas, Kia Rio terbaru kini hadir dengan sunroof yang menjadi pelengkap dan mempermanis tampilannya yang benar-benar baru dan lebih segar dari sebelumnya. Menurut Kia, mobil yang dipromosikan dengan tagline “Find Your Groove” ini memang diperuntukkan bagi mereka yang dinamis dan energik, terutama anak muda.

Target Penjualan

Winuranto Adi selaku General Manager Kia Sumber Baru Perkasa mengatakan bahwa Kia Rio terbaru kini tampil trendi dan stylish yang diharapkan dapat membuat masyarakat Yogyakarta semakin menerima produk-produk Kia sebagai pilihan utama dalam berkendara. Terlebih lagi, Rio menjadi model dengan penjualan terbaik Kia Global sepanjang 2015 dengan mencatatkan angka penjualan 473.000 unit di seluruh dunia.

Peluncuran KIA Rio di IIMS 2017. (foto: Ototaiment)

Untuk Yogyakarta, Adi mengaku tidak mematok target yang muluk-muluk. Dirinya berharap Kia Sumber Baru Perkasa mampu menjual minimal 15 unit per bulannya. Adi menambahkan, saat ini Kia Mobil Indonesia (KMI) menargetkan kontribusi Rio untuk Kia di pasar Indonesia bisa mencapai 60 persen, lalu disusul dengan Picanto 30 persen dan sisanya model lain.

Eksterior dan Interior

KIA Rio generasi terbaru didatangkan secara utuh (CBU) dari Korea Selatan dengan desain yang lebih agresif dari sebelumnya. Desain grille khas KIA, Tiger Nose, menghiasi muka mobil dan memberikannya ciri tersendiri. Untuk mendukung kesan agresif, KIA membenamkan lampu utama berteknologi Bi-Function dengan LED dan DRL serta Projection Fog Lamp yang lebih maju ke depan untuk menciptakan lebar visual yang lebih besar di fascia depan.

Desain dashboard KIA RIo

Pindah ke dalam, All New Rio kini terasa lebih lega. Desain dasbor yang melandai dilengkapi dengan head unit 2DIN yang terasa timpang dengan kesan elegan yang ditawarkan mobil ini. Menurut kami, head unit layar sentuh harusnya berperan di sini. Knop AC juga masih model putar biasa alias belum digital, serta ada pula empat buah speaker dan dua buah tweeter. Meski beberapa detail terkesan mengecewakan, namun KIA memberikan sunroof dan sunshade untuk mobil ini.

Mesin dan Harga

All New Rio ditawarkan dengan mesin Kappa 1.400 cc Dual CVVT bertenaga 100 ps dengan torsi mencapai 133,3 Nm. Secara tenaga, mesin baru ini memang lebih kecil dari mesin Gamma 1.4 L yang menawarkan tenaga 107 PS dan torsi 135 Nm. Menurut Kia, hal ini menyesuaikan dengan beban mobil dan kebutuhan akan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

Mesin Kappa 1.4 L dari Kia Rio terbaru (Foto: Ototaiment)

All New Rio tersedia dalam pilihan bertransmisi manual yang dijual seharga Rp 256,5 juta dan bertransmisi otomatis seharga Rp 271,5 juta. Kedua harga ini berstatus on the road Yogyakarta. Menurut Kia, tidak ada rencana untuk menambahkan varian Platinum seperti yang terjadi pada Rio facelift di tahun 2015. Hal ini dikarenakan Kia ingin lebih merampingkan lini yang ditawarkan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY