Nissan Grand Livina Terbaru Akan Pakai Basis Mitsubishi XM Concept

Nissan Grand Livina Terbaru Akan Pakai Basis Mitsubishi XM Concept

556
0
BERBAGI
Penyegaran terakhir pada Grand Livina XV Highway Star di tahun 2016 untuk mengisi kekosongan produk Nissan Motors Indonesia tahun 2016 (Foto : iotomotif)

Rasanya sudah cukup lama Nissan Grand Livina belum mendapatkan model all new. Sejauh ini, Nissan lebih memilih untuk menghadirkan pembaharuan yang bersifat minor change. Hal ini tentunya kurang menguntungkan, mengingat pesaing dari merek lain sudah menawarkan model-model terbarunya yang lebih segar.

Menanggapi hal tersebut, Nissan tak tinggal diam. Kabarnya, Nissan tengah mempersiapkan model baru dari Grand Livina yang kemungkinan akan diperkenalkan pada tahun depan. Uniknya, Grand Livina terbaru disebut bakal menggunakan basis yang sama dengan Mitsubishi XM Concept. Ini memang memungkinkan, karena Mitsubishi memang telah menjadi bagian dari aliansi Renault-Nissan sejak Oktober 2016.

Aliansi yang Menguntungkan

Seperti yang kita tahu, aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi mengemuka setelah Mitsubishi terkena skandal konsumsi bahan bakar di Jepang. Akibatnya, Mitsubishi harus rela sebagian besar sahamnya dibeli Nissan agar selamat dari kebangkrutan. Bergabungnya Mitsubishi di aliansi tersebut juga dianggap bisa memberi keuntungan tersendiri, termasuk dengan adanya kemungkinan berbagi platform maupun teknologi.

Debut internasional XM Concept pada di GIIAS 2016 lalu (Foto: Ototaiment)

Menurut Davy J Tuilan selaku Vice President Sales & Marketing PT Nissan Motor Indonesia, aliansi yang terjadi membuat masing-masing merek bisa saling melengkapi. Hasilnya, masing-masing merek bisa melakukan penghematan dalam biaya pengembangan suatu produk, termasuk dengan model Grand Livina yang menurut Davy bakal memakai platform milik Mitsubishi.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY