Nissan Indonesia: “Tahun Ini Tidak Ada Mobil Baru”

Nissan Indonesia: “Tahun Ini Tidak Ada Mobil Baru”

420
0
BERBAGI
Nissan tidak punya model baru untuk Indonesia di tahun ini (Foto: Oto)

Jika dibandingkan dengan pabrikan otomotif lainnya di Indonesia, Nissan adalah salah satu merek yang belakangan ini dikenal ‘pelit’ model baru. Berbanding terbalik dengan para kompetitor, Nissan Motor Indonesia (NMI) justru terkesan menahan diri untuk tak cepat-cepat merilis model baru. Kalaupun ada produk baru, hanya berupa model lama yang mendapatkan facelift.

Menurut NMI, pihaknya memang tidak berencana untuk memperkenalkan model baru pada tahun ini. Ini tentu mengherankan, apalagi sejumlah model macam Grand Livina dan sub brand Nissan, Datsun, sudah perlu mendapatkan penyegaran jika tak ingin tertinggal jauh dari kompetitor. Lantas, apa alasan NMI menahan diri di tahun ini?

Memperbaiki Hal Mendasar

Davy Tuilan, Vice President Director, Nissan Marketing And Sales, Nissan Motor Indonesia menjelaskan bahwa bukan tanpa sebab jika NMI mengambil keputusan kurang populer tersebut. Menurutnya, NMI ingin membereskan hal-hal yang sifatnya lebih fundamental seperti merapihkan jaringan dealer, menguatkan jajaran tenaga penjual, after sales dan sebagainya. Hal ini bertujuan agar saat produk baru datang, NMI lebih siap dalam mengupayakan yang terbaik bagi konsumen.

Pelayanan purna jual maksimal bisa memancing pembeli. (foto : Nissan Motor Indonesia)

Davy menambahkan, dengan adanya perbaikan pada hal-hal yang mendasar tadi akan membawa pengaruh yang lebih baik bagi penjualan NMI. Menurutnya, dengan membenahi hal-hal tadi, maka ia yakin bahwa NMI bisa menjual lebih banyak daripada sekedar mengandalkan produk baru. ”Sebetulnya bisa saja kami datangkan sekarang (produk baru). Tapi jualan kami paling 3.000 unit. Tapi kalau hal-hal mendasar tadi dirapikan, kami bisa jualan 7.000 unit. Ya jelas, pilihan itu kami ambil,” ujar Davy.

Kepuasan Pelanggan Nomor Satu

NMI seolah ingin menegaskan bahwa kepuasan pelanggan adalah nomor satu. Jadi walaupun Nissan terpaksa kehilangan pangsa pasar, namun dengan adanya perbaikan pada sektor layanan dinilai menjadi investasi jangka panjang bagi NMI. Davy juga mengatakan bahwa satu tahun ini akan selesai semua persiapan yang dioerlukan oleh NMI, dan bukan tak mungkin jika model baru Nissan akan hadir tahun depan, seperti rumor kemunculan All New Grand Livina yang akan memakai basis Mitsubishi XM Concept.

Nissan Serena raih penghargaan untuk fitur ProPILOT-nya. Mobil ini menjadi salah satu model yang sejalan dengan tema Inteligent Mobility yang diusung Nissan (Foto: Youtube)

Nissan sendiri saat ini tengah gencar mengkampanyekan tema Inteligent Mobility yang mengedepankan produk dengan beraga teknologi canggih di dalamnya. Oleh karenanya, jika nanti NMI berhasil menata ulang sektor pelayanannya dan siap memasarkan mobil-mobil terbarunya, mereka masih punya PR untuk mengedukasi konsumen untuk bisa menerima produk-produk canggih Nissan di masa mendatang.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY