Ini Langkah Ford Selanjutnya Usai Pecat CEO Lamanya

Ini Langkah Ford Selanjutnya Usai Pecat CEO Lamanya

312
0
BERBAGI
Ford segera lakukan langkah-langkah strategis pasca pergantian CEO (Foto: Money)

Ford Motor Company diketahui baru saja memecat CEO lama mereka, Mark Fields dan menggantinya dengan Jim Hackett yang sebelumnya menangani divisi Smart Mobility milik Ford. Pemecatan ini dilakukan karena Fields dianggap kurang cakap dalam membawa Ford ke arah yang lebih baik, bahkan jika dibandingkan dengan pendahulunya, Alan Mulally.

Pasca pemecatan Field, media-media di Amerika Serikat mengabarkan bahwa Ford bergerak cepat dan segera melakukan restrukturisasi dari manajemen yang berada di tampuk tertinggi. Langkah ini dilakukan demi ‘membersihkan’ warisan penurunan saham yang terjadi selama kepemimpinan Mark Fields.

Mencatut Banyak Petinggi

Ford tak mau tanggung-tanggung dalam melakukan pekerjaan ‘bersih-bersih’ tersebut. Sederet nama di jajaran top management dari berbagai divisi dipastikan lengser dan digantikan dengan nama-nama lain yang dianggap potensial seperti Raj Nair yang didapuk untuk menjabat sebagai President of Ford North America setelah sebelumnya dikenal sebagai Chief Technology Officer (CTO) dan Executive Vice President of Product Development. Jabatan ini didapat oleh Nair untuk menggantikan Joe Hinrichs yang kini menjabat sebagai Head of Global Operations.

Mark Fields dihentikan dari jabatan CEO Ford (Foto: Grejeen Business)

Urusan supervisi pasar global, Ford mendaulat Jim Farley sebagai kepalanya. Farley sebelumnya menjabat sebagai Kepala Operasi Ford di Eropa, Timur Tengah, dan Afrika. Jabatan Farley di posisi tersebut kini dipegang oleh Steven Armstrong yang menjadi wakilnya dahulu. Sedangkan untuk kawasan Asia Pasifik, ada Peter Fleet yang sebelumnya menempati posisi Region Marketing/ Sales Chief. Sebagai pengganti Fleet di divisi ini, dipilih nama Mark Ovenden dari kantor Ford di Rusia.

Jim Hacket, CEO Ford yang baru (Foto: NPR)

Tak hanya urusan penjualan regional, sejumlah nama di divisi lain turut mendapat restrukturisasi. Misalkan saja pada divisi baru pengembangan mobil autonomous dan elektrik yang akan dipegang oleh Sherif Marakby, serta divisi Pengembangan Produk dan Pengadaan yang kini dijabat oleh Hau Thai-Tang. Sedangkan posisi kepala Ford Smart Mobility yang sebelumnya dipegang oleh Jim Hackett (CEO Ford yang baru), kini dipegang oleh Marcy Klevorn yang dibantu dua petinggi lain di bidang yang berbeda.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY