Menurut Honda, India Belum Siap dengan Industri Mobil Listrik

Menurut Honda, India Belum Siap dengan Industri Mobil Listrik

295
0
BERBAGI
Industri mobil listrik di India kemungkinan besar akan dikuasai oleh produsen mobil listrik asal China seperti BYD. (foto: Insideevs)

Menanggapi rencana pemerintah India yang cukup ambisius dalam mempopulerkan mobil listrik di India, Yoichiro Ueno, President dan CEO Honda Cars India menyebutkan, India belum siap untuk mengembangkan mobil listrik secara masif karena keterbatasan infrastruktur dan faktor keterjangkauan harga. “Kendala ini yang membuat Honda masih mempertimbangkan untuk memproduksi mobil listrik di India,” ucapnya. Menurut Euno, terlalu dini bagi India untuk mengembangkan mobil karena keterbatasan infrastruktur. “Produksi mobil listrik harganya jauh lebih mahal dua kali lipat dibandingkan mobil konvensional,” ucap Euno.

Euno mengatakan bicara masalah harga mobil, di India sangat sensitif. “Sementara untuk membangun infrastruktur kendaraan listrik di negara sebesar India memerlukan waktu yang cukup lama,” kata Euno. Komentar bos Honda itu menanggapi pernyataan Menteri Pertambangan dan Batubara India, Piyush Goyal yang menyebutkan bahwa India menargetkan produksi mobil listrik pad 2030 mendatang. Target itu untuk menekan impor bahan bakar minyak dan biaya operasional kendaraan.

Petumbuhan Mobil Honda di India Positif

Karena belum tertarik untuk mengembangkan mobil listrik di India, Honda tetap fokus untuk menaikkan penjualan mobil-mobil terbarunya. Penjualan Honda di India dikabarkan menunjukkan pertumbuhan yang positif. Pabrikan mobil ini menargetkan pertumbuhan 8 persen tahun ini. “Industri otomotif di India diperkirakan bertumbuh 7 –  8 persen, kami juga berharap dapat tumbuh pada tingkat yang sama dengan peluncuran produk baru seperti New City dan WR-V,” kata Ueno.

Penampakan Honda WR-V di India, bentuknya mirip dengan Honda Jazz. Masih baru, tetapi dikatakan sudah mendapat banyak pemesan. (Foto: Team BHP)

Honda telah menerima lebih dari 30 ribu pemesan New City sejak diluncurkan pada pertengahan Februari 2017. Sementara pemesanan Honda WR-V mencapai 16.000 unit sejak pertengahan Maret lalu. Honda memiliki dua fasilitas manufaktur di Uttar Pradesh dan Rajasthan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY