5 Hal yang Harus Anda Perhatikan Agar Radiator Mobil Tetap Bisa Bekerja...

5 Hal yang Harus Anda Perhatikan Agar Radiator Mobil Tetap Bisa Bekerja Maksimal

532
0
BERBAGI
(foto: Denso Europe)

Salah satu komponen penting yang ada pada mobil adalah radiator. Secara garis besar, fungsi radiator adalah untuk mendinginkan mesin. Caranya, panas mesin akan diserap oleh cairan yang bersirkulasi di dalam radiator. Melihat fungsinya itu, radiator tentu sangat berguna terutama ketika kendaraan dibawa saat perjalanan jauh, misalnya ketika mudik nanti. Karenanya, ia harus senantiasa dirawat agar performanya tetap maksimal.

Untuk Memaksimalkan fungsi radiator mobil anda, ada lima hal penting yang harus diperhatikan agar radiator bisa berfungsi semaksimal mungkin, seperti saat masih baru. Untuk pemeriksaan ringan, anda bisa lakukan sendiri di rumah, tetapi jika terjadi kerusakan, maka anda bisa mengunjungi bengkel khusus radiator terdekat.

Lima Bagian pada Radiator yang Penting

  1. Kisi-Kisi Luar Radiator
    kisi kisi radiator jangan sampai kotor, karena bisa menghambat jalannya angin. (foto : montirotomotif.com)

    Bagian ini haruslah dijaga kebersihannya. Perhatikanlah kisi-kisi radiator, jangan sampai ia dipenuhi kotoran karena jika itu terjadi, alur angin dapat terhambat dan pada akhirnya proses pendinginan tidak maksimal.

  2. Bagian Dalam
    Jika terjadi banyak karat dan kerak pada bagian dalam radiator mobil anda, sebaiknya segera dibawa kepada ahli radiator untuk dibersihkan. (foto: Automotive Exist)

    Usahakan agar bagian ini tidak mengalami pengaratan, karena karat bisa mengakibatkan kerak yang menghambat sirkulasi cairan pendinginnya. Dalam hal ini, sebaiknya selalu membersihkannya dengan melakukan pengurasan air minimal satu tahun sekali. Jika sudah terjadi kebuntuan akibat kerak, bawalah segera ke bengkel radiator untuk membersihkannya.

  3. Selang Radiator
    jangan sampai terjadi kebocoran pada selang radiator, bisa berakibat fatal. (foto : traktordohc.com)

    Daya tahan penghubung utama antara mesin dan radiator ini akan terus menurun. Sering-sering periksalah selang radiator mobil anda, jika karetnya sudah terasa keras, gantilah dengan selang radiator yang baru agar tidak terjadi kebocoran.

  4. Tutup Radiator
    Tutup radiator terlihat sepele, namun tidak bisa disepelekan. (foto: Bukalapak)

    Bagian ini memang terlihat sepele, tapi jangan salah, tutup Pastikan bagian ini dalam kondisi baik dengan cara memperhatikan pegas dan karet penyekatnya. Jika ini sudah rusak, maka temperatur mobil bisa cepat meningkat dan terlalu panas.

  5. Extra Fan
    kipas radiator penting untuk membantu pendinginan. (foto: viarohidinthea.com)

    Kipas ini berfungsi untuk membantu mendinginkan radiator, agar pendinginannya lebih maksimal. Kipas ini bekerja satu rangkaian dengan thermostat, yaitu sensor suhu yang akan memerintahkan kipas ini untuk berputar jika sudah mencapai suhu tertentu. Jika terjadi kerusakan pada thermostat atau kipasnya, maka suhu mesin akan bisa naik tidak tekendali apabila angin alami tidak mampu mendinginkan radiator dengan maksimal.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY