Mau Mudik? Jangan Lupa Cek Tekanan Angin di Ban Anda

Mau Mudik? Jangan Lupa Cek Tekanan Angin di Ban Anda

483
0
BERBAGI
(foto : hendrichondadaytona.com)

Bulan puasa sudah dimulai, artinya tidak lama lagi lebaran akan berlangsung, dan tentu saja jalanan akan dipenuhi oleh para pemudik. Bagi anda yang sudah berencana untuk mudik menaiki mobil pribadi, ada baiknya mulai mencari informasi tentang apa saja yang harus anda persiapkan sebelum mudik.

Salah satu hal yang penting yang harus anda ketahui adalah tentang tekanan angin pada ban mobil anda. Banyak orang yang tidak mau memperhatikan dengan baik tekanan angin pada ban mobilnya, padahal bisa saja terjadi hal yang sangat buruk jika ban anda kekurangan atau kelebihan tekanan angin.

Jangan Berlebihan dan Jangan Kekurangan

Anda bisa melihat tabel di bagian pintu pengemudi untuk mengetahui jumlah tekanan angin pada tiap ban mobil anda. Biasanya, tekanan angin pada ban depan dan belakang akan berbeda, tergantung dimana letak penggerak roda. Jika terletak di depan, maka ban depan diisi tekanan yang lebih besar begitupun sebaliknya, jika mobil menggunakan penggerak roda belakang maka tekanan angin di roda belakang lebih besar. Tekanan ban pun tak terpengaruh jika mobil telah diganti peleknya.

Muatan berlebihan untuk semua jenis kendaraan tentu saja tidak disarankan. (foto: Antara Foto)

Soal muatan, disarankan agar saat berkendara tidak mengangkut muatan barang atau orang yang melebihi kapasitas mobil. Kalau muatannya banyak, banyak bawa barang dan lain sebagainya tekanan angin boleh ditambah 1-2 psi, tetapi ingat, jangan sampai beban mobil anda overweight, jangan sampai melebihi kapasitas.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY