Mau Mudik Jauh? Isi Ban Mobil Anda dengan Angin Nitrogen

Mau Mudik Jauh? Isi Ban Mobil Anda dengan Angin Nitrogen

603
0
BERBAGI
(foto : Dunlop)

Isi tekanan angin ban kini tidak hanya oksigen saja, tetapi ada juga pilihan nitrogen, yang banyak dikatakan memiliki berbagai kelebihan. Untuk anda yang sudah mempersiapkan mudik menggunakan mobil pribadi, ada baiknya jika anda mengisikan ban mobil anda menggunakan nitrogen, karena nitrogen lebih bagus untuk digunakan bepergian jarak jauh daripada angin oksigen.

Untuk melihat berapa besar tekanannya, anda bisa melihat ukuran pada tabel yang ada pada bagian pintu pengemudi. Walaupun diisi menggunakan nitrogen, anda sebaiknya tidak mengisi ban anda secara berlebihan, karena bisa mengakibatkan efek samping pada ban mobil anda.

Nitrogen Lebih Awet

Ban nitrogen terbukti lebih awet, pengendara tak perlu sering bolak-balik ke tukang ban untuk mengisi angin. Selama 2 bulan lebih pun, tekanan ban bisa bertahan. Jika dibandingkan dengan angin biasa (Oksigen), Nitrogen diklaim memiliki beberapa keuntungan akibat ukuran partikelnya yang lebih besar, salah satunya adalah bisa menyerap panas lebih baik daripada oksigen. Lalu, karena partikelnya lebih besar, maka jika terjadi kebocoran di ban angin lebih lambat keluarnya daripada angin oksigen.

Partikel nitrogen lebih besar dan lebih rata jika dibandingkan dengan partikel oksigen. (sumber: Tribunnews)

Nitrogen tidak teroksidasi dengan udara sehingga tidak timbul karat. Mengisi ban dengan Nitrogen juga dikatakan dapat memperpanjang umur ban karena tekanannya yang sesuai sehingga jika habis akan merata. Daya cengkeram dan kinerja ban juga bisa menjadi lebih optimal karena grip yang baik. Nitrogen juga diklaim tidak bisa terbakar dan tidak berbau. Mengisinya dengan tekanan yang tepat bisa meningkatkan keselamatan karena grip baik sehingga stabilitas terjaga. Bisa juga menghemat BBM karena tekanan merata sehingga meringankan kerja mesin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY