Tak Sekedar Euro4, Pertamina Ingin Kejar Standar Euro5

Tak Sekedar Euro4, Pertamina Ingin Kejar Standar Euro5

119
0
BERBAGI
Pertamina ingin kejar standar Euro5 (Foto: kolesa)

Sesuai dengan rencana yang ditetapkan oleh pemerintah, Pertamina akan segera mengejar standarisasi Euro4 pada tahun 2018 mendatang. Uniknya, Pertamina kini justru tertarik untuk mengejar standar yang lebih tinggi, yakni Euro5. Bahkan VP Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito, mengatakan bahwa saat ini Pertamina sedang mempersiapkan kebutuhan BBM Euro5, bukan Euro4.

 

“Saat ini Pertamina sedang melakukan Refinery Development Masterplan Program (RDMP) di Balongan dan Balikpapan. Nanti kalau sudah mulai produk itu akan Euro5, tidak Euro4,” ujar Adiatma dalam acara buka puasa bersama di Jakarta, Selasa (30/5/2017). Apa yang membuat Pertamina justru ingin segera mengejar standar yang lebih tinggi?

Mulai 2021

Adiatma menambahkan, untuk meningkatkan standar Euro tidak harus seperti naik kelas, seperti misalkan dari Euro3 tidak harus lebih dulu ke Euro4. Inilah yang mendasari Pertamina untuk mengejar standar kualitas BBM yang lebih tinggi dari yang sudah ditetapkan pemerintah. Untuk itu, Adiatma meyakinkan bahwa kilang yang ada saat ini akan ditambah dengan unit-unit tertentu dan bisa menghasilkan produk yang lebih berkualitas.

Euro5 rencananya akan siap edar pada tahun 2021 (foto : Pertamina)
Refinery Development Master Plan (RDMP – Rencana Utama Pengembangan Kilang) yang dilakukan Pertamina untuk memenuhi keinginannya mengejar standar Euro5 disebut akan selesai dalam waktu empat tahun, kemudian lanjut pada proses produksi dan pemasaran. “Dari sekarang sudah mulai berjalan, 2021 nanti sudah start produksi Euro5,” pungkas Adiatma.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY