Untuk Cegah Skandal Dieselgate Terulang, Uni Eropa Setujui Peraturan Baru

Untuk Cegah Skandal Dieselgate Terulang, Uni Eropa Setujui Peraturan Baru

1092
0
BERBAGI
VW, sebagai salah satu perusahaan asal Jerman, diketahui melakukan pemalsuan hasil emisi mesin dieselnya di tahun 2015 (Foto: Yahoo)

Para menteri negara-negara anggota Uni Eropa pada Senin, 29 Mei 2017 menyetujui aturan baru untuk izin penjualan mobil guna mencegah berulangnya skandal uji emisi diesel Volkswagen sekaligus memberi wewenang Komisi Eropa untuk mendenda pabrikan curang secara langsung. Aturan yang masih dibahas secara mendetil itu akan dibicarakan dengan Parlemen Eropa sebelum disahkan sebagai undang-undang. Peraturan ini memang dilahirkan sebagai respon skandal diesel VW yang pada 2015 diketahui menggunakan peranti lunak tertentu untuk mencurangi uji emisi diesel Amerika Serikat.

Sistem yang berlaku saat ini, lembaga-lembaga transportasi tiap negara seperti otoritas KBA di Jerman memiliki wewenang untuk memberikan dan mencabut izin kendaraan baru di seluruh negara anggota Uni Eropa. Sementara aturan baru tidak mencabut wewenang itu memberikan kewenangan tambahan bagi lembaga transportasi masing-masing negara untuk memeriksa ulang izin serta memberikan kekuatan kepada Komisi Eropa untuk melakukan sidak serta menjatuhkan denda hingga 30.000 euro per unit kendaraan jika pabrikan ditemukan curang.

Pengawasan Lebih Ketat

Pada pertemuan setingkat menteri di Brussels, Belgia, Senin, 29 Mei 2017, sejumlah diplomat mengatakan Jerman cenderung enggan untuk memberikan kewenangan pengawasan pasar kepada Brussels (Uni Eropa) meski pernah kecolongan di skandal diesel VW. Menteri Muda Ekonomi Jerman, Matthias Machnig, menyampaikan kepada sejawatnya dalam pertemuan bahwa negaranya mendukung penguatan pengawasan, namun ingin memastikan cara untuk menghindari konflik kepentingan antar lembaga pengawas transportasi masing-masing negara.

Mobil-mobil diesel VW di Amerika yang bermasalah ditempatkan di area Pontiac Siverdome (Foto: Youtube)

Semenjak skandal VW, sejumlah penyelidikan menemukan beberapa pabrikan juga memiliki tingkat emisi Nitrogen Oksida yang 15 kali lipat di atas ambang batas wajar, serta penggunaan peranti tertentu untuk menutupi jumlah emisi kendaraan yang sesungguhnya. “Setiap pekan selalu ada pengungkapan baru, penyeledikan baru. Itu tidak akan berhenti jika kita tidak memiliki sistem yang lebih tangguh di Eropa,” kata Komisioner Uni Eropa, Ezlbieta Bienkowska di hadapan para menteri, seperti dirilis oleh┬áReuters.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY