Pengertian Electronic Stability Control (ESC) Pada Mobil

Pengertian Electronic Stability Control (ESC) Pada Mobil

6714
0
BERBAGI

Pertengahan tahun 1990 lalu Mercedes-Benz memperkenalkan sebuah teknologi keamanan yang disebut dengan Electronic Stability Program (ESP). Teknologi ini mempunyai banyak sebutan, tergantung dari masing-masing pabrikan. Namun istilah yang paling umum digunakan adalah Electronic Stability Control (ESC).

Seiring dengan berkembangnya waktu, para pabrikan otomotif lantas menyematkan teknologi ESC untuk mobil-mobil baru buatannya, bahkan beberapa pabrikan menganggap bahwa ESC merupakan fitur standar yang harus ada pada setiap mobil-mobil produksinya.

Berbicara mengenai ESC, apakah anda sudah mengetahui apa pengertian dari teknologi tersebut? ESC sendiri merupakan sebuah teknologi yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan berkendara dari sisi pengendalian mobil dengan cara mendeteksi dan meminimalisir terjadinya slip.

Electronic Stability Control

Bila nanti sistem ESC mendeteksi mobil mulai kehilangan kontrol, maka sistem ini akan langsung membantu rem untuk mengendalikan laju mobil. Sistem rem akan langsung bekerja baik pada roda depan maupun roda belakang. Pada roda depan, rem akan mencegah agar tidak terjadi oversteer, sedangkan pada roda belakang rem akan mencegah agar tidak terjadi understeer. Sistem ini bahkan bisa mengurangi tenaga mesin sampai mobil bisa dikendalikan lagi.

Baca Juga Mengenai : Mengenal Traction Control

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY