Saat melakukan perjalanan jauh, seringkali kita terburu-buru ingin cepat sampai tujuan. Namun, tahukah Anda bahwa mesin mobil juga membutuhkan istirahat? Mengistirahatkan mesin mobil atau melakukan cooling down sangat penting untuk menjaga kondisi dan kinerja mesin.

Mengapa Istirahat itu Penting?

Beberapa komponen di dalam mesin akan mengalami peningkatan panas seiring dengan pemakaian. Hal ini juga berlaku untuk temperatur oli mesin yang semakin naik dan dapat mengganggu pelumasan komponen, sehingga mesin menjadi mudah aus. Temperatur air radiator yang tinggi, terutama saat kondisi jalan macet, juga bisa berbahaya bagi mesin mobil.

Bagaimana Cara Melakukan Cooling Down?

Cooling down tidak perlu memakan waktu lama. Yang terpenting adalah suhu mesin bisa turun kembali ke kondisi normal. Idealnya, lakukan cooling down atau istirahatkan mesin setiap 2-3 jam perjalanan. Dengan demikian, kondisi mesin akan tetap baik dan prima.

Mengistirahatkan mesin mobil bukan hanya akan memperpanjang usia pakai mesin, tapi juga menghindari risiko kerusakan yang lebih serius. Jadi, jangan lupa untuk memberikan waktu istirahat pada mesin mobil Anda saat melakukan perjalanan jauh.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini