Indonesia Siap Gunakan Standar Euro 5, Kapan Direalisasikan?

Indonesia Siap Gunakan Standar Euro 5, Kapan Direalisasikan?

803
0
BERBAGI

Pertumbuhan industri otomotif dalam negeri yang makin menunjukkan tren positif membuat Gabungan industri kendaraan bermotor Indonesia (Gaikindo) mengaku telah siap untuk menghadirkan model kendaraan bermotor ramah lingkungan.

Gaikindo menyatakan bahwa industri otomotif di Indonesia telah memiliki teknologi yang sesuai untuk kendaraan dengan standar emisi Euro 5. Meski begitu, menurut Gaikindo dukungan komponen-komponen lainnya yang terkait dengan standar Euro 5 juga harus dipersiapkan.

Gaikindo mencontohkan produksi Mercedes-Benz buatan Wanaherang, Bogor yang sudah berstandar Euro 5. Namun kendala dari Pertamina yang belum menyediakan bahan bakar berstandar Euro 5 membuat kendaraan dengan spesifikasi standar Euro 5 jadi kurang maksimal. Perlu diketahui, saat ini bahan bakar jenis Pertamax saja masih belum sepenuhnya Euro 3.

Indonesia saat ini masih menggunakan standar Emisi Euro 2. Ini berarti jika memang kendaraan ramah lingkungan siap dihadirkan di Indonesia, maka pihak terkait dan regulasi yang mengatur di dalamnya diharapkan mampu bersinergi agar Indonesia bisa segera memenuhi standar Euro 5.

Jika Indonesia sudah berstandar Euro 5, bukan tak mungkin kadar polusi dalam negeri akan berkurang, tentunya jika semua elemen masyarakat menyadari perlunya produk-produk otomotif ramah lingkungan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY