Lexus Indonesia Hadirkan SUV dan Sedan Turbo Baru

Lexus Indonesia Hadirkan SUV dan Sedan Turbo Baru

1514
0
BERBAGI
Lexus LX570 dan GS200t (Foto: Sindonews)

Pertumbuhan ekonomi dalam negeri yang semakin menunjukkan perkembangan baik setiap tahunnya, membuat berbagai merek mobil premium di Indonesia mantap untuk terus menghadirkan mobil-mobil segmen atas. Setelah akhir bulan lalu Mercedes-Benz Indonesia memperkenalkan dua model baru GLE, kali ini giliran Lexus Indonesia yang memperkenalkan dua mobil barunya. Anak perusahaan Toyota yang khusus menangani divisi mobil premium itu memboyong LX570 yang berjenis SUV dan GS 200t yang berjenis sedan ke Indonesia pada awal Maret ini.

Bukan tanpa alasan jika Lexus berani langsung memperkenalkan dua model dari segmen berbeda. Sejak hadir di Indonesia pada tahun 2007 silam, Lexus Indonesia mencatat angka pertumbuhan yang terus membaik. Bahkan, Lexus sudah tidak malu-malu lagi untuk bersanding dengan brand premium lain melalui keikutsertaan perdananya pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 bulan Agustus silam.

Tak Kenal Istilah Downsizing Mesin

Lexus LX570 merupakan generasi ketiga dari keluarga LX dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 2008 sebagai pengganti model LX470. SUV (atau mungkin bisa disebut juga sebagai LUV: Luxury Utility Vehicle) ini terus mendapat penyegaran hingga akhirnya hadir di Indonesia saat ini.

lexus LX570 front
Lexus LX570 Versi Indonesia Tak Berbeda Jauh dari Versi Global (Foto: Lexus Indonesia)

Tampilan mukanya mempertahankan ciri khas spindle grille Lexus yang besar, dan muncul diapit LED DRL berbentuk bumerang pada headlamp-nya. Sementara itu, bagian dalam mobil ini dilengkapi dengan layar display berukuran 12,3 inci yang terpasang di tengah dasbor, wireless charging, panorama view camera, AC climate control quad-zone, dual rear seat entertainment dan perangkat audio lansiran Mark Levinson. Seperti versi globalnya, LX570 versi Indonesia juga mempunyai kapasitas 8-penumpang.

Lexus LX570 cabin
Interior Kabin Lexus LX570 Terbilang Modern dan Mewah (Foto: Lexus Indonesia)

LX570 mempunyai Drive Mode Select yang berfungsi untuk mengubah karakter tenaga serta suspensi mobil ini. Tak cuma itu, mobil ini juga dibekali penggerak 4WD dengan low range gear, crawl control dan LSD Torsen.

Lexus LX570 backseat
Lexus LX570 Berkapasitas 8 Penumpang (Foto: Lexus Indonesia)

Untuk urusan mesin, LX570 menggendong mesin bensin 3UR-FE berkapasitas 5.700 cc V8 dengan Dual VVT-i yang dipadukan dengan transmisi otomatis 8-percepatan. Mesin tersebut menghasilkan tenaga hingga 367 hp dan torsi 530 Nm.

Lexus LX570 rear
Lexus LX570 Indonesia Tak Mengenal Istilah Downsizing Mesin (Foto: Lexus Indonesia)

Lexus Indonesia enggan melakukan downsizing dari kubikasi mesinnya yang cukup besar itu. Menurut mereka, salah satu yang menjadi nilai jual mobil ini justru kapasitas mesinnya yang besar.

“Konsumen suka mobil ini karena mesinnya yang besar dan bertenaga. Nggak ada istilah downsizing,” begitu kata General Manager Lexus Indonesia, Adrian Tirtadjaja. Lexus Indonesia membandrol mobil ini dengan harga Rp 3,015 miliar.

Model GS Pertama di Indonesia yang Bermesin Turbo

Selain SUV LX570, Lexus Indonesia juga memperkenalkan sedan barunya, yakni GS200t. Mobil ini merupakan generasi keempat dari keluarga GS dan berada pada level yang sama dengan Mercedes-Benz E Class, BMW Seri 5 atau Audi A6. Untuk konsumsi Indonesia, GS200t ditawarkan dalam dua varian, yakni GS200t Luxury dan GS200t F-Sport.

Lexus GS200t front
Lexus GS200t Adalah Model GS Pertama di Indonesia yang Bermesin Turbo (Foto: Lexus Indonesia)

Sekali lagi, tampang sedan ini masih bercirikan Lexus yang sangat kental, yakni adanya spindle grille besar diapit LED DRL berbentuk bumerang dengan sudut lancip. Bagian interiornya dilengkapi dengan jok semi bucket seat berbahan kulit,

Lexus GS200t dashboard
Bagian interior Lexus GS200t dilengkapi dengan jok semi bucket seat berbahan kulit (Foto: Lexus Indonesia)

GS200t menggunakan mesin yang sama dengan Lexus NX200t dan RX200t, yakni mesin 8AR-FTS berkapasitas 2.000 cc 4-silinder turbo. Ini sekaligus menjadikan GS200t sebagai model GS pertama di Indonesia yang menggunakan turbo. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin tersebut mencapai 245 PS dan torsi 350 Nm dan disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis 8-percepatan. Untuk harganya, GS200t dibandrol seharga Rp 1,245 miliar.

Model Baru Lain di Tahun Ini

Lexus Indonesia telah berencana untuk menghadirkan dua mobil baru lagi ke Indonesia, yakni sedan sport GS F dan GS 300h. Apa keistimewaan dua mobil ini?

Lexus-GS_F_2016
Lexus GS F Akan Jadi Salah Satu Model Baru yang Muncul di Indonesia Tahun Ini (Foto: Netcarshow)

Adrian Tirtadjaja mengatakan bahwa Lexus GS F adalah sedan empat pintu dengan kapasitas mesin yang besar, yakni 5.000 cc. Sedangkan GS 300h adalah jenis sedan bermesin hybrid. Besar kemungkinan mobil baru tersebut akan diperkenalkan perdana pada gelaran GIIAS 2016 bulan Agustus mendatang.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY